tipe sepatu olahraga

Ini Dia Tipe-Tipe Sepatu Olahraga dan Fungsinya!

Kecanggihan teknologi saat ini memudahkan kita untuk memilih sepatu sesuai dengan aktivitas olahraga yang kita lakukan. Selain kenyamanan, desain sepatu yang sangat spesifik dapat melindungi kaki Anda dari cedera setelah berolahraga. Yuk, simak tips memilih sepatu olahraga!

Sepatu lari

Sepatu lari memiliki bantalan yang empuk sehingga cocok untuk dipakai saat jogging karena dapat meredam hentakan. Sepatu ini dirancang untuk melindungi bagian depan kaki dan tumit.

Sepatu minimalis

Ingin berlari seperti tidak memakai alas kaki? Sepatu minimalis memiliki lekukan yang memisahkan kelima jari kaki Anda. Sepatu ini didesain ringan, fleksibel, dan tidak memiliki banyak bantalan. Masih belum jelas apakah sepatu model ini lebih baik atau lebih buruk dibanding dengan sepatu lainnya dalam menghindari cedera. Tetapi, ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa sepatu ini cenderung mengakibatkan cedera dan rasa sakit terutama pada orang-orang yang berbada gemuk.

Sepatu untuk berjalan

Jika Anda suka berjalan kaki, gunakan sepatu yang lebih ringan. Anda membutuhkan tambahan bantalan untuk tumit dan jempol kaki agar dapat mengurangi rasa sakit. Sepatu dengan sol yang kuat di bagian depan dapat membantu meringankan tekanan pada kaki Anda.

Sepatu tenis

Permainan tenis mengharuskan Anda untuk banyak bergerak dari satu sisi ke sisi lain. Anda membutuhkan sepatu yang memberikan dukungan fleksibilitas dari dalam maupun luar, dan untuk bergerak dengan cepat.  Sol yang halus digunakan untuk area lapangan yang ahalus seperti lapangan rumput, sementara sol yang sedikit kasar digunakan untuk lapangan tanah liat maupun lapangan semen.

Cross Trainers

Sepatu jenis ini cocok untuk Anda yang biasa melakukan beragam kegiatan olahraga seperti tenis,aerobik dan lari. Carilah sepatu yang fleksibel di bagian kaki depan dan juga bergerak cepat.

Sepatu Trail Running

Sepatu ini dirancang untuk berlari di lintasan berbatu, berlumpur, dan kotor. Sepatu trail running didesain dengan sol yang agak tebal dan perlindungan di bagian sisi-sisinya agar Anda tetap aman berlari di permukaan yang tidak rata.

Sepatu Basket

Sepatu jenis ini memiliki sol yang tebal dan kaku sehingga menjaga kestabilan Anda ketika berlari maju dan mundur. Sepatu high-top dapat mendukung pergelangan kaki Anda untuk melakukan pergerakan yang cepat dari satu sisi ke sisi lain serta untuk melompat.

Sepatu sepak bola

Sepatu sepak bola identik dengan cleats atau sol yang tajam-tajam. Sol itu berfungsi untuk memberikan cengkraman di lapangan rumput sehingga para pemain dapat berlari cepat sambil tetap menjaga keseimbangan.

Sepatu Golf

Sepatu ini bisa meningkatkan permainan Anda. Cleats pada solnya membantu Anda untuk tidak tergelincir saat mengayunkan tongkat.

Sepatu mendaki

Sepatu jenis ini mendukung Anda dalam memberikan cengkraman pada jalur daki agar Anda tidak mudah tergelincir. Ada beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kegiatan mendaki Anda, diantaranya:

  • Sepatu yang ringan atau bot untuk jalur yang bagus atau jarak mendaki yang pendek.
  • Sepatu dengan ukuran yang sedang untuk medan yang berbatu atau permukaan yang tidak rata.
  • Sepatu yang berat untuk orang-orang yang membawa tas punggung lebih dari 15 kilogram dan berjalan di atas salju atau batu-batuan.

Sepatu bersepeda

Gunakan sepatu khusus bersepeda yang sesuai dengan medan. Sepatu untuk sepeda gunung, memiliki cleats yang cekung dan sol fleksibel, agar bisa dipakai untuk berjalan di pegunungan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>