Tangani Fraktur Gigi dengan Memanfaatkan Layanan BPJS Kesehatan

Salah satu kerusakan yang terjadi pada gigi adalah fraktur gigi. Kondisi ini dapat terjadi karena cedera pada mulut. Gigi yang mengalami cedera haruslah segera mendapatkan penanganan agar bisa diselamatkan.

Ternyata, perawatan fraktur gigi bisa menggunakan BPJS Kesehatan yang dapat dilakukan pada fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia. Jadi sekarang tidak ada alasan lagi untuk mengabaikan kondisi gigi dan tidak merawatnya karena memang tergolong mahal.

Karena biaya pengobatan inilah yang kerap membuat banyak orang mengabaikan kondisi kesehatan gigi, padahal merawat gigi sama juga dengan merawat anggota tubuh lainnya.

Mengenal Fraktur Gigi

Fraktur gigi adalah kondisi gigi yang retak atau patah. Jika segera mendapat penanganan, kemungkinan gigi Anda terselamatkan lebih besar.

Sebanyak 82% gigi retak atau patah terjadi di bagian gigi rahang atas pada gigi taring dan gigi seri. Dan menurut jenis kelamin, fraktur gigi lebih sering dialami oleh pria dibanding wanita.

Fraktur gigi ada beberapa jenisnya, yaitu:

  1. Retak barupa garis halus, yaitu kondisi yang biasanya tidak menimbulkan gejala dan tidak perlu perawatan apapun
  2. Gigi retak seluruhnya, yaitu kondisi retak pada permukaan gigi untuk mengunyah hingga ke akar gigi
  3. Patah di mahkota gigi, yaitu retakan yang terjadi di permukaan gigi untuk mengunyah
  4. Gigi patah jadi dua, kondisi retakan yang terjadi hingga ke akar gigi dan membuat gigi terbelah dua
  5. Fraktur gigi vertikal, yaitu kondisi retakan terjadi dari akar lalu naik ke atas hingga ke permukaan kunyah gigi

Ketika mengalami fraktur gigi, pastikan gigi agar terus lembap. Anda bisa meletakkan gigi di antara gusi dan pipi, atau masukkan dalam susu. Tapi jika masih memungkinkan, letakkan gigi kembali ke soket gigi, asal tidak menyentuh akar gigi.

Masalah Gigi Penanganannya

Sebenarnya masalah gigi tidak hanya retak atau patah saja, melainkan ada berbagai masalah lainnya. Berikut cara penanganan

  • Gigi Retak

Jika gigi mengalami retak, segera bersihkan area tersebut dengan berkumur menggunakan air hangat. Kemudian Anda bisa mengompres dingin di bagian tersebut agar mengurangi bengkak di wajah.

  • Sakit Gigi

Jika masalah yang Anda hadapi adalah sakit gigi, cobalah berkumur dengan air hangat. Kemudian, hilangkan sisa makanan di antara gigi menggunakan dental floss. Perlu diingat, jangan konsumsi aspirin untuk mengurangi rasa sakit, ya.

  • Benda Asing Tersangkut di Gigi

Benda asing yang nyangkut di gigi memang terasa tidak enak. Coba angkat benda tersebut secara perlahan. Tapi jangan menggunakan ujung alat yang runcing dan tajam.

Pelayanan Gigi dan Mulut yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Adanya pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang ditanggung BPJS Kesehatan akan semakin membantu para peserta untuk semakin memperhatikan kondisi kesehatan gigi. Berikut perawatan gigi dan mulut yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan:

  1. Pelayanan administrasi, meliputi biaya pendaftaran pasien peserta BPJS untuk berobat, penyediaan, serta pemberian surat rujukan ke fasilitas kesehatan lanjutan. Rujukan ke faskes lanjutan ini diberikan untuk penyakit yang tidak bisa ditangani di faskes tingkat I.
  2. Pemeriksaan, konsultasi medis, dan pengobatan yang berhubungan dengan kesehatan gigi
  3. Premedikasi, pemberian obat yang biasanya dilakukan sebelum tindakan anastesi atau bius yang diberikan sebelum operasi
  4. Pencabutan gigi sulung dengan anastesi infiltrasi atau tropikal
  5. Kegawatdaruratan oro-dental
  6. Penvabutan gigi permanen tanpa penyulit
  7. Obat-obatan setelah pencabutan gigi (ekstraksi)
  8. Penambalan dengan bahan komposit atau GIC
  9. Scalling gigi sekali dalam setahun

Pemasangan Gigi Palsu yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Fraktur gigi yang membutuhkan pemasangan gigi palsu juga bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan, tentu dengan rekomendasi dari dokter. Pemasangan gigi palsu ini dapat dilakukan di fasilitas kesehatan pertama dan di faskes tingkat lanjutan.

Pelayanan tambahan ini memiliki batasan biaya bagi peserta BPJS. Pemasnagan gigi palsu diberikan berupa dana subsidi yang jumlah sudah disesuaikan dengan ketentuan.

Tarif maksimal subsidi gigi palsu adalah sebesar Rp 1.000.000 dengan maksimal masing-masing rahang Rp500.000. Rinciannya berupa:

  • Penggantian gigi palsu 1-8 gigi sebesar Rp 250.ooo
  • Penggantian gigi plasu 9-16 gigi sebesar Rp500.000
  • Penggantian gigi palsu untuk 2 rahang sekaligus, subsidi diberikan Rp 1.000.000

Dengan adanya layanan kesehatan fraktur gigi oleh BPJS Kesehatan ini, tentu tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk mengabaikan kondisi kesehatan gigi dan mulut. Segera temui dokter dan periksakan kondisi kesehatan Anda sehingga masalah tersebut segera ditangani.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>