Sedot Lemak Apakah Bermanfaat?

Sedot lemak, atau biasa disebut dengan “liposusction”, merupakan sebuah tindakan bedah kosmetik yang menghancurkan dan “menyedot” lemak di dalam tubuh. Tindakan medis ini biasa dilakukan di daerah perut, paha, pantat, leher, dagu, lengan bagian atas dan bagian belakang lengan, dan punggung. Setelah “dihancurkan”, lemak kemudian akan diserap oleh sebuah alat yang disebut kanula yang dimasukkan ke dalam bagian bawah kulit. Untuk dapat menyedot lemak dengan optimal, kanula tersebut dihubungkan dengan sebuah alat vakum bertekanan tinggi. Sedot lemak merupakan bedah kosmetik yang biasa dan sering dilakukan di Amerika Serikat. Contohnya saja, di Amerika Serikat sendiri terdapat lebih dari 300 ribu prosedur bedah lemak.

Orang-orang yang melakukan prosedur bedah lemak biasanya memiliki berat badan yang stabil. Namun mereka ingin menghilangkan timbunan lemak di bagian-bagian tubuh tertentu. Yang sering salah dipahami adalah, sedot lemak bukanlah suatu metode menurunkan berat badan atau pun salah satu bentuk perawatan untuk obesitas. Prosedur sedot lemak juga tidak menghilangkan selulit ataupun tanda serutan. Tujuan utamanya hanya sebatas tindakan kosmetik dan cocok bagi mereka yang ingin tampil berbeda dan tampak lebih langsing. Sedot lemak dapat dengan permanen menghilangkan sel-sel lemak, sehingga mampu merubah bentuk tubuh. Akan tetapi, apabila pasien yang melakukan sedot lemak tidak melakukan gaya hidup yang sehat setelah tindakan operasi dilakukan, ada kemungkinan sisa-sisa sel lemak yang tertinggal dapat kembali membesar. Tidak semua lemak dapat disedot. Ada batasan jumlah lemak yang bisa dihilangkan dengan aman. Sedot lemak juga tidak sepenuhnya aman. Hal ini karena ada beberapa risiko yang menemani prosedur bedah kosmetik ini, misalnya saja infeksi, mati rasa, dan bekas goresan. Apabila lemak yang diambil terlalu banyak, ada kemungkinan timbul lekukan di kulit. Risiko operasi tersebut akan meningkat seiring dengan banyaknya jumlah lemak yang dihilangkan.

Sedot lemak apa manfaatnya?

Pada umumnya sedot lemak hanya dilakukan untuk meningkatkan penampilan seseorang, dan bukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan apapun. Banyak orang mungkin bisa mendapatkan hasil yang sama dengan sedot lemak (atau bahkan lebih baik)  hanya dengan mengadopsi gaya hidup yang sehat, makan makanan yang seimbang, aktivitas atau olahraga secara teratur, dan memiliki jadwal tidur yang sehat. Sedot lemak biasanya hanya disarankan apabila perubahan gaya hidup saja tidak cukup untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sedot lemak juga dapat mengatasi lemak di daerah-daerah yang sulit dihilangkan hanya dengan diet dan olahraga. Ketika seseorang bertambah berat badan, masing-masing sel lemak bertambah besar dan volumenya meningkat. Sedot lemak menjadi solusi untuk menghilangkan sel-sel lemak di daerah-daerah yang terisolasi. Apabil Anda tertarik untuk melakukan sedot lemak, diskusi akan manfaat dan risiko dengan dokter Anda perlu dilakukan karena sedot lemak hanya bisa dilakukan setelah pertimbangan yang masak. Perubahan yang dapat Anda peroleh dari sedot lemak pun terbilang kecil, dan tidak terlalu tampak karena jumlah lemak yang dapat disedot terbatas. Beberapa area yang biasa mendapatkan prosedur sedot lemak seperti perut, punggung, bokong, dada, panggul, leher dan daerah bawah dagu, paha, dan lengan bagian atas. Sedot lemak ini akan menunjukkan hasil yang lebih baik bagi mereka yang memiliki warna kulit yang baik dan juga elastis. Orang-orang yang tidak memiliki kulit yang elastis dapat memiliki hasil di mana kulit terlihat longgar di daerah di mana sedot lemak dilakukan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>