metastatis

Perbedaan Kanker Stadium Lanjut, Kanker Metastasis, dan Metastasis Tulang

Sel kanker adalah sel-sel yang membelah dan berkembang secara abnormal dan dikaitkan dengan mutasi genetik. Berbagai istilah kanker yang digunakan dalam dunia medis, terkadang membuat bingung pasien untuk memahami perbedaannya. Oleh karena itu, melalui artikel ini akan dijelaskan perbedaan antara kanker stadium lanjut, kanker metastasis, dan metastasis tulang yang umum terjadi.

Apa itu kanker stadium lanjut?

Kanker stadium lanjut mengacu pada kanker yang tidak dapat disembuhkan. Artinya, kanker yang tidak akan hilang sepenuhnya dengan pengobatan. Kanker yang sudah berada dalam tahap ini dapat berkembang atau bermetastasis. 

Namun, tidak semua kanker stadium lanjut menyebar ke bagian tubuh lainnya. Kanker stadium lanjut secara lokal digunakan untuk mendeskripsikan kanker yang telah tumbuh di luar organ asalnya, tetapi belum menyebar ke bagian tubuh lebih jauh. Misalnya, beberapa kanker yang dimulai di bagian otak dianggap sebagai kanker stadium lanjut, karena ukurannya yang besar atau berdekatan dengan organ atau pembuluh darah penting. Akibatnya, kanker ini mengancam jiwa penderitanya meskipun belum menyebar ke bagian tubuh yang lain. 

Meskipun kanker stadium lanjut tidak dapat disembuhkan, pengobatan kanker yang dilakukan bertujuan:

  • Mengecilkan sel-sel kanker.
  • Memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.
  • Membantu meringankan gejala yang dialami.
  • Meningkatkan peluang hidup lebih lama.

Apa itu kanker metastasis?

Kanker metastasis adalah kanker yang telah menyebar dari bagian tubuh pertama kali sel kanker tumbuh ke bagian tubuh lainnya. Saat sel kanker melepaskan diri dari tumor, sel kanker menyebar ke jaringan tubuh lainnya melalui aliran darah atau sistem getah bening. 

Jika sel-sel kanker berjalan melalui sistem getah bening, maka sel-sel ini dapat berakhir di kelenjar getah bening terdekat atau ke organ lainnya. Namun, sel kanker yang terlepas lebih sering berjalan melalui aliran darah. Begitu berada di dalam darah, sel-sel kanker bisa pergi ke bagian tubuh manapun.

Banyak dari sel-sel tersebut yang mati, tetapi beberapa mungkin menetap di organ yang baru, lalu mulai tumbuh dan membentuk tumor baru. Penyebaran kanker ke bagian tubuh yang baru inilah disebut metastasis.

Jadi, sel kanker harus memiliki beberapa syarat agar dapat menyebar ke bagian tubuh yang baru, yaitu:

  • Mampu melepaskan diri dari tumor aslinya, lalu memasuki aliran darah atau sistem getah bening untuk berpindah ke bagian tubuh yang lain.
  • Mampu menempel pada dinding pembuluh darah atau sistem getah bening.
  • Harus dapat tumbuh dan berkembang di tempat yang baru.
  • Bertahan dari sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, sel-sel yang bermetastasis mungkin tidak lagi sama persis dengan sebelumnya, sehingga membuatnya lebih sulit untuk diobati.

Apa itu metastasis tulang?

Metastasis tulang adalah bagian tulang yang diserang kanker yang berasal dari bagian tubuh lain. Tulang belakang adalah bagian tubuh yang paling umum diserang kanker metastasis. Bagian umum lainnya, termasuk tulang pinggul (panggul), tulang kaki bagian atas (femur), tulang lengan atas (humerus), tulang rusuk, dan tulang tengkorak.

Sel kanker dapat merusak tulang dengan mengganggu sel osteoblas dan osteoklas. Osteoblas adalah sel untuk membentuk tulang baru, sedangkan osteoklas adalah sel yang melarutkan sel tulang yang tua. Jika sel-sel ini bekerja dengan baik, tulang baru selalu terbentuk, sementara sel tulang yang telah tua hancur dan larut bersama osteoklas. Hal inilah yang membantu menjaga kekuatan tulang.

Metastasis tulang dapat menyebabkan kerusakan tulang tanpa adanya pembentukan tulang baru atau sel tulang yang tua tidak hancur atau larut. Lama-kelamaan, tulang akan menjadi lemah, mudah patah, sklerosis, kerusakan sel saraf, bahkan kelumpuhan bila tidak ditangani. Selain itu, kalsium dari tulang dapat dilepaskan ke dalam darah, sehingga menyebabkan kadar kalsium darah tinggi (hiperkalsemia).

Inilah perbedaan kanker stadium lanjut, kanker metastasis, dan metastasis tulang yang sebaiknya Anda pahami. Terkadang, tumor metastasis telah tumbuh saat kanker pertama kali ditemukan dan didiagnosis. Beberapa kasus lainnya, kanker metastasis ditemukan sebelum tumor aslinya ditemukan. Jika ternyata kanker telah menyebar ke banyak tempat, mungkin sangat sulit untuk mengetahui asal kanker tersebut, sehingga disebut dengan kanker primer yang tidak diketahui.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>