Category Olahraga

Hot Yoga

Saat ini dunia menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19 dimana jumlah kasus virus tersebut bertambah setiap hari. Oleh karena itu, setiap orang harus tetap berada di rumah. Meskipun demikian, salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah berolahraga. Contoh olahraga yang dapat Anda lakukan adalah yoga. Ada berbagai jenis yoga yang dapat Anda lakukan, salah satunya termasuk hot yoga.

Mungkin Anda belum pernah mendengar istilah ini. Yang dimaksud dengan hot yoga adalah jenis yoga yang dilakukan di dalam ruangan yang bersuhu panas, yang berkisar antara 27 hingga 38 derajat Celsius. Sama seperti jenis yoga lain, hot yoga menggunakan berbagai pose dan musik untuk membantu membuat Anda terasa rileks.

Manfaat Hot Yoga

Jenis-jenis yoga, termasuk hot yoga, memang bertujuan untuk menenangkan tubuh dan pikiran Anda. Hot yoga adalah salah satu olahraga yang menantang dimana Anda perlu melakukannya di ruangan yang panas untuk menghasilkan lebih banyak keringat. Jika Anda melakukan hot yoga, berikut adalah manfaat yang akan diperoleh:

  • Meningkatkan kelenturan

Orang-orang yang melakukan hot yoga akan mengalami peningkatan kelenturan punggung, urat lutut, dan bahu. Hal tersebut bermanfaat karena melibatkan suhu panas dimana suhu tersebut dapat membantu mempercepat pemanasan dan membuat lebih banyak peregangan.

  • Membakar lebih banyak kalori

Manfaat lain yang Anda peroleh jika Anda melakukan hot yoga adalah mampu membakar lebih banyak kalori. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata peserta hot yoga dapat membakar 286 kalori selama 90 menit.

  • Meningkatkan kepadatan tulang

Hot yoga juga dapat meningkatkan kepadatan tulang. Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang manusia akan menurun. Sebuah studi menyatakan bahwa seorang wanita yang melakukan hot yoga mengalami peningkatan kepadatan tulang di bagian leher, pinggul, dan punggung bawah.

  • Meningkatkan pernafasan dan metabolisme

Hot yoga juga dapat meningkatkan pernafasan dan metabolisme tubuh. Hot yoga memberikan latihan yang lebih efektif pada bagian jantung, paru-paru, dan otot, dibandingkan dengan suhu yang lebih rendah. Pada tahun 2014, sebuah studi mengungkapkan bahwa sekali mencoba hot yoga dapat membuat jantung memompa pada kecepatan yang sama dengan jalan cepat.

  • Mengurangi stres

Pada umumnya, yoga adalah cara untuk mengurangi stres. Sebuah studi yang melibatkan peserta yang mengalami stres dan tidak aktif secara fisik, melakukan hot yoga selama 16 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka dapat mengurangi stres secara signifikan. Hal tersebut juga dapat meningkatkan kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan.

  • Meringankan depresi

Jika Anda merasa depresi, maka Anda sebaiknya mencoba hot yoga. Pernyataan ini juga didukung oleh 23 studi pada tahun 2017, banyak yang menyatakan bahwa hot yoga adalah cara efektif untuk meredakan depresi.

  • Menjaga kesehatan kulit

Hot yoga dapat membantu menjaga kesehatan kulit, karena melibatkan banyak keringat. Berkeringat dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membawa darah yang kaya oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit sehingga dapat menyehatkan kulit dari dalam tubuh.

Risiko

Meskipun hot yoga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, Anda perlu pahami bahwa hot yoga dapat memicu risiko seperti tubuh yang menjadi terlalu panas, dehidrasi, dan kerusakan otot.

Hot yoga tidak dapat dilakukan jika Anda memiliki diabetes, penyakit jantung, dan kelainan arteri, karena dapat membuat Anda pingsan. Selain itu, hot yoga juga dapat membuat Anda merasa pusing jika Anda memiliki tekanan darah atau gula darah yang rendah.

Jika Anda merasa pusing, mual, atau sulit untuk bernafas karena melakukan hot yoga, Anda sebaiknya keluar dari ruangan tersebut untuk beristirahat. Namun, jika kondisi Anda memburuk, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

More
tipe sepatu olahraga

Ini Dia Tipe-Tipe Sepatu Olahraga dan Fungsinya!

Kecanggihan teknologi saat ini memudahkan kita untuk memilih sepatu sesuai dengan aktivitas olahraga yang kita lakukan. Selain kenyamanan, desain sepatu yang sangat spesifik dapat melindungi kaki Anda dari cedera setelah berolahraga. Yuk, simak tips memilih sepatu olahraga!

Sepatu lari

Sepatu lari memiliki bantalan yang empuk sehingga cocok untuk dipakai saat jogging karena dapat meredam hentakan. Sepatu ini dirancang untuk melindungi bagian depan kaki dan tumit.

Sepatu minimalis

Ingin berlari seperti tidak memakai alas kaki? Sepatu minimalis memiliki lekukan yang memisahkan kelima jari kaki Anda. Sepatu ini didesain ringan, fleksibel, dan tidak memiliki banyak bantalan. Masih belum jelas apakah sepatu model ini lebih baik atau lebih buruk dibanding dengan sepatu lainnya dalam menghindari cedera. Tetapi, ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa sepatu ini cenderung mengakibatkan cedera dan rasa sakit terutama pada orang-orang yang berbada gemuk.

Sepatu untuk berjalan

Jika Anda suka berjalan kaki, gunakan sepatu yang lebih ringan. Anda membutuhkan tambahan bantalan untuk tumit dan jempol kaki agar dapat mengurangi rasa sakit. Sepatu dengan sol yang kuat di bagian depan dapat membantu meringankan tekanan pada kaki Anda.

Sepatu tenis

Permainan tenis mengharuskan Anda untuk banyak bergerak dari satu sisi ke sisi lain. Anda membutuhkan sepatu yang memberikan dukungan fleksibilitas dari dalam maupun luar, dan untuk bergerak dengan cepat.  Sol yang halus digunakan untuk area lapangan yang ahalus seperti lapangan rumput, sementara sol yang sedikit kasar digunakan untuk lapangan tanah liat maupun lapangan semen.

Cross Trainers

Sepatu jenis ini cocok untuk Anda yang biasa melakukan beragam kegiatan olahraga seperti tenis,aerobik dan lari. Carilah sepatu yang fleksibel di bagian kaki depan dan juga bergerak cepat.

Sepatu Trail Running

Sepatu ini dirancang untuk berlari di lintasan berbatu, berlumpur, dan kotor. Sepatu trail running didesain dengan sol yang agak tebal dan perlindungan di bagian sisi-sisinya agar Anda tetap aman berlari di permukaan yang tidak rata.

Sepatu Basket

Sepatu jenis ini memiliki sol yang tebal dan kaku sehingga menjaga kestabilan Anda ketika berlari maju dan mundur. Sepatu high-top dapat mendukung pergelangan kaki Anda untuk melakukan pergerakan yang cepat dari satu sisi ke sisi lain serta untuk melompat.

Sepatu sepak bola

Sepatu sepak bola identik dengan cleats atau sol yang tajam-tajam. Sol itu berfungsi untuk memberikan cengkraman di lapangan rumput sehingga para pemain dapat berlari cepat sambil tetap menjaga keseimbangan.

Sepatu Golf

Sepatu ini bisa meningkatkan permainan Anda. Cleats pada solnya membantu Anda untuk tidak tergelincir saat mengayunkan tongkat.

Sepatu mendaki

Sepatu jenis ini mendukung Anda dalam memberikan cengkraman pada jalur daki agar Anda tidak mudah tergelincir. Ada beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kegiatan mendaki Anda, diantaranya:

  • Sepatu yang ringan atau bot untuk jalur yang bagus atau jarak mendaki yang pendek.
  • Sepatu dengan ukuran yang sedang untuk medan yang berbatu atau permukaan yang tidak rata.
  • Sepatu yang berat untuk orang-orang yang membawa tas punggung lebih dari 15 kilogram dan berjalan di atas salju atau batu-batuan.

Sepatu bersepeda

Gunakan sepatu khusus bersepeda yang sesuai dengan medan. Sepatu untuk sepeda gunung, memiliki cleats yang cekung dan sol fleksibel, agar bisa dipakai untuk berjalan di pegunungan.

More