perbedaan mulas dan gerd

Mulas Atau GERD? Berikut Perbedaannya!

Apakah saya menderita mulas atau GERD?

Sakit perut akibat mulas memang terkadang terjadi pada kita. Biasanya dengan meminum obat yang dijual bebas selama beberapa waktu, sakit itu sembuh. Namun sakit akibat mulas memiliki gejala yang hamper mirip dengan GERD. Untuk mengetahui apakah Anda hanya mulas atau GERD, berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang perlu Anda jawab:

  • Apakah Anda memiliki gejala GERD selama lebih dari dua minggu meskipun telah meminum obat yang dijual secara bebas?

Jika jawabannya iya, maka kemungkinan besar Anda terkena penyakit refluks asam lambung atau GERD.

  • Apakah pola nyeri di dada Anda berubah atau semakin parah?

Jika jawabannya iya, Anda perlu mewaspadai gejala GERD dan berkonsultasi pada seorang ahli.

  • Apakah gejala yang Anda alami termasuk regurgitasi – dimana gas dan sedikit makanan terasa naik dari perut ke area mulut?

Jika jawabannya iya, berarti katup LES Anda tidak menutup dengan baik sehingga berakibat naiknya asam lambung sampai ke mulut. Gejala GERD ini menyebabkan bau mulut dan untuk kondisi yang parah, bisa menyebabkan suara parau.

  • Apakah Anda sering bangun di malam hari karena nyeri di dada?

Gejala GERD sering menyerang di malam hari karena saat posisi kita terbaring, asam lambung akan mudah naik terutama bila katup LES tidak menutup sempurna.

  • Apakah Anda sulit menelan?

Keadaan dimana seseorang sulit menelan disebut dengan disfagia. Asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan dapat melukai saluran yang ada di dalamnya sehingga iritasi tersebut menyebabkan Anda sulit untuk menelan makanan dan tenggorokan terasa sakit saat digunakan untuk menelan.

  • Apakah rasa mulas terasa lebih lama dibandingkan biasanya?

Jika rasa tidak nyaman tersebut berlangsung selama lebih dari satu minggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui pengobatan GERD yang sesuai dengan kondisi Anda.

  • Apakah Anda merasakan sesak napas, asma yang kambuh serta rasa sakit saat berolahraga?

Ketika seseorang terkena GERD, tekananan pada perut dapat mengakibatkan asam yang naik dan membuat dada terasa sesak dan perut terasa sakit saat digunakan untuk membungkuk.

  • Apakah berat badan Anda menurun tanpa sebab dan kehilangan nafsu makan?

Kemungkinan besar hal ini bukan masalah mulas saja. GERD membuat kita kehilangan nafsu makan dan akhirnya berat badan pun menurun.

  • Apakah rasa mulas itu mengganggu produktivitas Anda?

Ketika rasa mulas dirasakan terus menerus sehingga rutinitas Anda terganggu, perlu diagnosa lebih lanjut untuk menentukan apakah itu benar-benar mulas biasa saja atau GERD.

  • Apakah dosis obat bebas yang Anda minum untuk mengatasi mulas semakin besar?

Jika biasanya Anda hanya meminum obat satu kali sehari namun sekarang sudah meningkat menjadi tiga kali sehari, Anda perlu mewaspadai munculnya gejala GERD.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>