Memahami Katarak Radiasi

Risiko katarak akibat radiasi dapat meningkat seiring dengan semakin seringnya Anda terpapar radiasi.

Katarak radiasi adalah katarak akibat dari cedera lensa mata, dan merupakan efek terlambat atau jangka panjang yang paling sering dari seluruh tubuh (atau sebagian ke tubuh atas) akibat jenis radiasi.

Di dalam mata, Anda memiliki lensa alami.  Lensa membengkokkan (membiaskan) sinar cahaya yang masuk ke mata untuk membantu Anda melihat. Oleh karena itu, pada dasarnya lensa harus jelas. 

Jika Anda memiliki katarak, lensa Anda menjadi keruh. Dengan kondisi tersebut, Anda seperti melihat melalui kaca depan mobil yang berkabut atau berdebu. Hal-hal terlihat buram, kabur atau kurang berwarna dengan katarak.

Katarak dapat timbul sebagai akibat paparan berbagai jenis radiasi. Sinar-X dan gamma merupakan salah satu bentuk radiasi pengion, dapat merusak DNA sel lensa Anda.

Mekanisme alternatif adalah ekspansi termoelastik di mana gelombang tekanan dalam aqueous humor menyebabkan kerusakan fisik langsung pada sel-sel lensa Anda. Katarak yang disebabkan oleh radiasi pengion, misalnya sinar-X dan sinar gamma biasanya diamati di daerah posterior lensa, seringkali dalam bentuk katarak subkapsular posterior. Peningkatan dosis radiasi pengion tersebut menyebabkan peningkatan kekeruhan lensa, yang muncul setelah periode latensi yang menurun.

Sebagian besar katarak berkembang ketika penuaan atau cedera mengubah jaringan yang membentuk lensa mata Anda. Beberapa kelainan genetik bawaan yang menyebabkan masalah kesehatan lainnya dapat meningkatkan resiko Anda terhadap katarak.

Katarak juga dapat disebabkan oleh kondisi mata lainnya, seperti operasi mata yang lalu atau kondisi medis seperti diabetes.  Penggunaan obat steroid jangka panjang juga dapat menyebabkan katarak berkembang.

Tidak ada penelitian yang membuktikan bagaimana mencegah katarak atau memperlambat perkembangan katarak.  Tetapi dokter berpikir beberapa strategi mungkin bermanfaat, termasuk:

  • Melakukan pemeriksaan mata secara teratur

Pemeriksaan mata dapat membantu mendeteksi katarak dan masalah mata lainnya pada tahap paling awal.  

  • Berhenti merokok

Obat-obatan, konseling dan strategi lain tersedia untuk membantu Anda.

  • Kelola masalah kesehatan lainnya

Ikuti rencana perawatan Anda jika Anda memiliki diabetes atau kondisi medis lainnya yang dapat meningkatkan risiko katarak Anda.

  • Pilih diet sehat yang mencakup banyak buah dan sayuran

Menambahkan berbagai buah dan sayuran berwarna ke dalam makanan Anda memastikan Anda mendapatkan banyak vitamin dan nutrisi. Buah dan sayuran memiliki banyak antioksidan, yang membantu menjaga kesehatan mata Anda.

  • Memakai kaca mata hitam

Sinar ultraviolet dari matahari dapat berkontribusi pada perkembangan katarak.  Kenakan kacamata hitam yang menghalangi sinar ultraviolet B (UVB) saat Anda berada di luar ruangan.

  • Kurangi penggunaan alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan resiko katarak.

Pengobatan yang efektif untuk penyakit katarak, termasuk katarak radiasi, adalah dengan melalui prosedur pembedahan. Namun konsultasi dengan dokter selalu diperlukan sebelum Anda menjalani prosedur tersebut.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>