Makanan Bayi 6 Bulan: Apa Yang Perlu Dipersiapkan?

Ketika bayi berusia 6 bulan, mereka dapat menerima makanan padat, namun makanan bayi 6 bulan yang tepat adalah berdasarkan jenis dan tekstur yang tepat untuk diolah. Anda perlu memperhatikan perkembangan bayi apakah sudah siap menerima makanan padat atau masih membutuhkan penyesuaian.

Tanda-Tanda Yang Terjadi Pada Bayi

Untuk mengetahui apakah bayi siap menerima makanan padat, Anda dapat memperhatikan tanda-tanda sebagai berikut pada bayi:

  • Usia bayi

Bayi yang berusia setidaknya 4 bulan dapat menerima makanan padat. Ketika bayi memasuki tahap ini, enzim-enzim pencernaan yang diperlukan untuk mencerna makanan padat sudah bisa diproduksi pada bagian sistem pencernaan.

Meskipun bayi yang berusia 4 bulan dapat menerima makanan padat, banyak pakar menyatakan bahwa orang tua sebaiknya tunggu ketika bayi berusia 6 bulan, karena menurut berbagai riset, bayi yang mengkonsumsi ASI hingga 6 bulan memiliki risiko lebih rendah terhadap alergi, obesitas, dan diabetes.

  • Refleks lidah bayi

Pada awalnya bayi menjulurkan lidah keluar dari mulut, untuk mencegah bayi tersedak ketika mengkonsumsi makanan. Namun, jika bayi berhenti mengeluarkan lidah, artinya mereka siap menerima makanan padat.

Anda mungkin juga perlu memberi makanan padat pada bayi secara perlahan agar si kecil dapat menggunakan waktu sejenak untuk mengunyah dan menelan makanan. Setelah itu Anda dapat memberikannya lagi.

  • Bayi dapat duduk dengan tegak

Tidak hanya perkembangan pada bagian mulut yang terjadi, namun juga pada posisi bayi ketika duduk. Bayi dapat duduk tegak tanpa atau hanya menggunakan sedikit sanggahan.

  • Bayi merasa lapar

Tanda lain yang perlu diperhatikan orang tua adalah bayi akan kemungkinan lebih cenderung merasa lapar ketika memasuki tahap 6 bulan. Walaupun orang tua telah menyusui bayi sesuai kebutuhan, bayi mungkin saja akan merasa lapar dan perlu makan makanan yang padat.

  • Reaksi bayi terhadap makanan

Sudah menjadi sebuah perkembangan pada bayi ketika mereka memasuki usia 6 bulan, karena mereka dapat bereaksi terhadap makanan yang dikonsumsi orang lain, dan mungkin bayi ingin mencobanya. Orang tua juga perlu mengawasi bayi agar tidak mengambil makanan sembarangan.

  • Bayi membuka mulut ketika disuapi

Ketika orang tua memberikan makan pada bayi, bayi akan langsung membuka mulut untuk menerima apa yang akan dikonsumsi.

Cara Memberikan Makanan Padat Kepada Bayi

Tidak hanya tanda-tanda yang akan terjadi, orang tua juga perlu memahami cara untuk memberikan bayi makanan padat. Makanan bayi 6 bulan perlu dilakukan dengan cara berikut:

  • Tekstur makanan

Ketika makan pertama kali, orang tua hanya perlu memberikan satu jenis makanan padat kepada bayi dan teksturnya harus terlihat cair. Setelah bayi terbiasa dengan cara ini, orang tua dapat memberikan kekentalan pada tekstur. Semakin padat makanan yang dimakan bayi, semakin meningkat kemampuan makan pada bayi.

  • Gula dan garam

Ada berbagai bahan makanan yang dapat diolah menjadi bahan yang kental seperti daging ayam, kentang, apel, dan pir, namun tanpa menggunakan gula atau garam tambahan.

  • Makanan dengan risiko alergi rendah

Orang tua sebaiknya pilih makanan untuk bayi yang memiliki risiko alergi rendah. Orang tua juga perlu mencoba makanan yang dipilih untuk bayi untuk mengetahui reaksi bayi terhadap makanan yang dikonsumsi.

Jika bayi tidak memiliki alergi karena makanan yang dikonsumsi dan bisa menerima makanan tersebut, maka aman untuk dikonsumsi. Setelah itu, orang tua dapat memberikan jenis makanan lain kepada bayi.

  • Porsi makan

Porsi makan yang diberikan tentu harus secara bertahap, mulai dari satu sampai dua sendok makan bayi, lalu lebih jika bayi sanggup mengkonsumsi makanan padat seperti orang dewasa.

  • Frekuensi makan

Orang tua sebaiknya atur jadwal makan bayi yang diberikan setidaknya satu kali sehari sampai bayi terbiasa mengunyah makanan padat. Setelah itu, orang tua dapat memberikan lebih banyak atau lebih dari satu kali sehari.

  • Selera makan bayi

Setiap bayi memiliki selera makan yang berbeda. Ada yang dapat mengkonsumsi lebih, namun ada juga yang mengkonsumsi secukupnya. Oleh karena itu, orang tua tidak perlu mengikuti apa yang dianjurkan mengenai takaran makanan yang harus diberikan.

Itulah cara untuk mempersiapkan makanan bayi 6 bulan agar orang tua tidak merasa bingung tentang kapan waktu yang tepat untuk memberikan makanan padat pada bayi. Perkembangan pada pola makan bayi juga membutuhkan waktu, namun orang tua dapat membimbingnya dengan melakukan percobaan-percobaan yang disebutkan di atas.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>