Layanan yang Ada di Rumah Sakit Al Islam

Rumah Sakit Al Islam merupakan salah satu rumah sakit yang berada di Bandung. Tepatnya, lokasi rumah sakit ini berada di Jl. Soekarno-Hatta no. 644 kota Bandung. Pendirian rumah sakit ini merupakan buah pemikiran dari ibu-ibu yang tergabung dalam sebuah organisasi bernama Badan Kerja Sama Wanita Islam atau disingkat dengan BKSWI wilayah Jawa Barat di mana anggotanya terdiri dari Ormas Kewanitaan Islam yang ada di jawa Barat.

Rumah sakit ini mulai beroperasi pada 1 Agustus 1990. Saat itu, luasnya hanya sekitar 1.200 m2 dengan hanya memiliki 28 tempat tidur saja. Berkat kepercayaan masyarakat dari tahun ke tahun yang terus meningkat seiring dengan jumlah donatur maupun pasien yang terus mengalir, pada tahun 1994 dibangun Gedung Firdaus, sehingga kapasitas tempat tidur menjadi 90, menyusul kemudian Gedung Raudhoh untuk perawatan VIP.

Selain itu, ada bantuan pinjaman dari Islamic Development Bank (IDB) sehingga pada tanggal 1 Nopember 1997 RSAI telah memiliki Gedung 6 Lantai Ibnu Sina, sehingga RSAI memiliki kapasitas 275 tempat tidur.

Pada Juli 2002 – Maret 2003 Gedung Rawat Jalan direnovasi menjadi tiga lantai. Di tahun 2003 pula, RSAI memiliki fasilitas Medical Check Up Centre. Setahun kemudian (Tahun 2004) Gedung Unit Gawat Darurat Direnovasi. Hingga pada 2012 sudah banyak fasilitas dan bangunan yang direnovasi dan akhirnya dibangunlah sebuah gedung bernama Gedung Pelayanan Hemodialisa dan Klinik Stroke.

Dengan adanya bangunan dan gedung yang mendukung, makin banyak pula layanan yang diberikan oleh rumah sakit Al Islam. Berikut ini beberapa layanan yang perlu kamu ketahui:

1. Rawat jalan

Layanan rawat jalan di RS Al Islam Bandung meliputi poliklinik, medical check-up, serta klinik rehabilitasi. Pelayanan ini akan dibuka setiap hari Senin hingga Sabtu pada pagi, siang, dan sore. Untuk mengetahui jadwal lengkapnya, kamu bisa mengunjungi situs resmi dari rumah sakit Al Islam ini.

2. Rawat inap

RS Al Islam Bandung merupakan rumah sakit tipe B dengan tingkat pelayanannya yang sesuai dengan tipe itu, Maka dari itu, ruang rawat inap RS Al Islam ini memiliki ruang perawatan yang dimulai dari kelas 1, kelas 2, utama, VIP, VVIP, ruang perawatan anak, ruang perawatan bayi atau perinatologi, ruang rawat intensif, dan ruang perawatan NICU (neonatal care unit).

3. Bimbingan rohani

Selain kedua hal di atas, ada layanan menarik yang disediakan oleh RS Al Islam ini, yaitu bimbingan rohani. Bimbingan ini disediakan untuk pasien dan keluarga. Bimbingan ini dilakukan untuk membantu memelihara atau menjaga keagamaan pasien  dan keluarga yang meliputi aspek aqidah, ibadah dan akhlak pada saat pasien dirawat di RS Al Islam Bandung.

4. Layanan home care

Home care merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif yang diberikan kepada individu dan keluarga di rumah mereka bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan dan memulihkan kesehatan, memaksimalkan kemandirian dan meminimalkan kecacatan akibat penyakit.

Layanan ini sudah ada sejak tahun 2000, merupakan unit kerja tersendiri yang mengelola kegiatan pelayanan pasca rawat tidak hanya pasca di RS Al Islam Bandung tetapi juga menerima pasien pasca rawat rumah sakit lain. Pelayanan yang diberikan tidka hanya pelayanan keperawatan tetapi terintegrasi antar semua profesi yang terlibat di rumah sakit yaitu :

  • Pelayanan keperawatan
  • Medis (dokter umum dan spesialis)
  • Penunjang medis (Rehab Medis)
  • Ahli gizi, laboratorium, kerohanian dan ambulan

Jenis layanan yang diberikan terdiri dari :

  • Home stay sesuai indikasi/kondisi pasien
  • Home visite untuk melakukan suatu tindakan medis tertentu

Inilah penjelasan terkait layanan yang ada di rumah sakit Al Islam Bandung. Semoga membantu.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>