Category Kesehatan Kulit

Punya Masalah Jerawat di Dahi? Ini Penyebabnya

Setiap orang dapat memiliki masalah jerawat di dahi ketika kelenjar kecil di bawah permukaan kulit tersumbat. Jerawat tidak hanya dapat tumbuh di dahi, tetapi juga di daerah lain di tubuh Anda. Perubahan hormon, stres, dan kebersihan yang kurang merupakan pemicu umum timbulnya jerawat. Kondisi jerawat sesungguhnya tidak memiliki risiko kesehatan yang serius. Namun, banyak orang menemukan bahwa benjolan merah kecil tersebut tidak menarik dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Artikel ini akan membahas apa saja yang menyebabkan tumbuhnya jerawat di dahi.

Penyebab tumbuhnya jerawat di dahi

Tidak peduli di mana jerawat Anda tumbuh, penyebabnya tetap sama. Minyak yang disebut sebum akan melumasi dan melindungi kulit. Sebum diproduksi oleh kelenjar minyak kecil yang disebut kelenjar sebaceous. Minyak dapat keluar ke permukaan kulit lewat lubang-lubang kecil yang disebut pori-pori. Terkadang pori-pori akan tersebut oleh kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati. Bakteri tumbuh di dalam pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan benjolan-benjolan jerawat di dahi. Beberapa faktor dapat meningkatkan produksi minyak dan membuat seseorang rentan menderita jerawat, seperti hormon, stres, dan obat-obatan tertentu.

  • Pubertas

Banyak orang mulai memiliki masalah dengan jerawat saat mereka menginjak masa pubertas. Adanya lonjakan pada level hormon dapat meningkatkan produksi minyak, yang mana merupakan faktor risiko jerawat. Dahi merupakan salah satu daerah yang paling rentan menjadi tempat jerawat tumbuh subur.

  • Rambut dan produk rambut

Rambut juga dapat menjadi sumber jerawat di dahi. Apabila Anda jarang keramas atau Anda memiliki rambut yang berminyak, minyak dapat menumpuk di dahi dan menyumbat pori-pori kulit. Banyaknya jerawat di dahi juga dapat disebabkan karena penggunaan produk-produk perawatan rambut yang Anda pakai. Produk perawatan rambut yang dapat menyebabkan jerawat di antaranya adalah pomade, minyak rambut, dan gel. Produk-produk tersebut sering mengandung bahan seperti cocoa butter atau minyak kelapa yang dapat menyebabkan kulit menjadi sangat berminyak. Jerawat yang disebabkan karena produk perawatan rambut disebut degan jerawat pomade.

  • Iritasi pakaian atau makeup

Iritasi yang disebabkan oleh pakaian atau bahan kimia yang ada di makeup juga dapat menyebabkan jerawat di dahi, terutama apabila Anda memiliki kulit yang sensitif. Jerawat dapat tumbuh dengan pesat apabila Anda menggunakan makeup baru atau memakai topi atau ikat kepala yang dapat mengiritasi kulit. Menyentuh muka terlalu sering juga dapat menyebabkan jerawat. Jari Anda dapat menaruh minyak dan bakteri ke kulit dan ke dalam pori-pori.

Apa saja perawatan jerawat di dahi?

Untuk menghilangkan jerawat di dahi, perawatan dapat dimulai dengan menggunakan produk perawat kulit yang baik. Cucilah wajah Anda dua kali sehari dengan cleanser yang lembut. Mencuci wajah dapat membersihkan minyak berlebih di kulit Anda. Apabila hal tersebut tidak efektif, gunakan krim jerawat OTC yang mengandung bahan seperti benzoyl peroxide atau asam salisilat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan “home remedies” untuk mengatasi jerawat di dahi. Beberapa produk perawatan alami yang dapat mengatasi jerawat ringan di antaranya adalah aloe vera, asam azelaic, ekstrak teh hijau, minyak pohon teh, dan zinc. Untuk kasus jerawat di dahi yang lebih parah, kunjungi dokter ahli kulit untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan yang tepat sesuai kondisi Anda. Adapun perawat jerawat yang diresepkan dokter umumnya adalah antibiotik, formulasi benzoil peroksida, retinoid, pil KB (untuk wanita), dan agen anti-androgen.

More

Exfoliating, Cara Membersihkan Daki dan Kulit Mati di Tubuh

Sangat penting untuk Anda menjaga kesegaran dan kesehatan tubuh, tidak dapat dipungkiri bahwa tubuh kita sering kali mengeluarkan kotoran, baik itu daki ataupun sel kulit mati dan bahkan mungkin bakteri. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menghilangkan daki secara alami dengan cara exfoliasi kulit.

Mungkin beberapa dari Anda sudah tidak asing dengan exfoliating. Salah satu rutinitas yang biasa dilakukan untuk menjaga dan membersihkan wajah. Ternyata perawatan exfoliasi tidak hanya dapat dilakukan untuk wajah, tetapi juga dapat dilakukan untuk membersihkan berbagai bagian tubuh Anda.

Mengapa Melakukan Exfoliasi?

Untuk memahami hal ini, pertama-tama Anda perlu tahu mengapa pengelupasan kulit sangat penting untuk kulit lebih sehat.

Kulit manusia secara terus-menerus beregenerasi sendiri. Sel-sel tua di lapisan atas kulit akan mati dan digantikan oleh sel-sel baru yang terbentuk di lapisan bawah, yang dikenal sebagai dermis. Namun seiring bertambahnya usia, kekuatan regeneratif alami kulit akan memburuk. Exfoliasi adalah proses di mana Anda dapat membantu proses regenerasi kulit Anda dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuka jalan bagi sel-sel kulit yang baru.

Apapun jenis kulit Anda, sangat penting untuk melakukan exfoliasi kulit secara teratur untuk membantu Anda meremajakan kulit.

Berikut beberapa cara alami membuat exfoliator yang baik untuk berbagai bagian tubuh yang berbeda:

  1. Scrub exfoliasi dari brown sugar

Brown sugar secara alami menghasilkan scrub bibir dan wajah yang sangat bagus. Selain dapat digunakan pada bibir, brown sugar juga lembut dan tidak berbahaya jika Anda tidak sengaja mengkonsumsi ketika dijadikan scrub di bibir. Brown sugar bertindak sebagai exfoliator alami. Dengan demikian, scrub ini menghilangkan dan mengexfoliasi kulit Anda serta menghilangkan kulit mati.

Yang anda butuhkan:

  • Semangkuk brown sugar
  • 1 sdt minyak kelapa

Cara:

  • Ambil brown sugar dalam mangkuk dan tambahkan minyak kelapa ke dalamnya, Lalu aduk rata.
  • Oleskan dengan lembut pada wajah dan bibir.
  • Dengan menggunakan ujung jari Anda, gosok selama beberapa menit pada bibir.
  • Kemudian gosok dengan gerakan searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam pada wajah.
  • Biarkan selama 5 menit lalu cuci muka.
  1. Scrub kaki dari garam Himalaya

Scrub ini memiliki banyak mineral pembersih yang dapat membantu membersihkan bagian-bagian tubuh Anda seperti kaki Anda yang paling sering terkena kotoran. Ketika digunakan sebagai scrub kaki, garam Himalaya akan membersihkan telapak kaki Anda dengan membunuh bakteri jahat dan membersihkan racun dari tubuh Anda. selain itu, garam Himalaya juga bertindak sebagai exfoliator alami yang membantu menghilangkan kulit mati.

Yang anda butuhkan:

  • 150 gram garam Himalaya
  • 10 ml minyak kelapa
  • 10 tetes minyak esensial lavender
  • 5 tetes minyak esensial peppermint

Cara:

  • Campur garam dengan minyak kelapa dan minyak esensial.
  • Oleskan jumlah yang banyak pada telapak kaki Anda.
  • Pijat kaki Anda sehingga scrub bekerja mengeluarkan racun dan mengangkat kulit mati dari lapisan kulit yang lebih dalam.
  • Biarkan scrub selama 5 menit.
  • Bilas
  1. Scrub tangan dari gula dan madu

Scrub ini menggunakan gula dan juga madu sebagai exfoliator, karena gula dapat membantu pengelupasan kulit sementara madu melembutkan dan melembabkan kulit Anda.

Yang anda butuhkan:

  • 1 sdm gula
  • 1 sdt madu

Cara:

  • Campur gula dengan madu
  • Gosok kulit Anda dengan campuran scrub selama beberapa menit dan kemudian bilas.
  1. Scrub dari kunyit, gula dan garam

Scrub sangat bermanfaat untuk menghilangkan kulit mati di bagian manapun yang ada di tubuh Anda. Garam dan gula bekerja sebagai pengelupas alami dan kunyit berfungsi sebagai antibiotik dan antiseptik alami. Ketika dikombinasikan, bahan-bahan ini dapat digunakan sebagai scrub tubuh, wajah serta tangan.

Yang anda butuhkan:

  • 2 sdm kunyit
  • ½ cangkir garam
  • ½ cangkir gula
  • 10 ml minyak kelapa

Cara:

  • Ambil mangkuk, campur minyak dengan kunyit, garam, dan gula.
  • Campur dan gunakan pada bagian tubuh mana saja.
  • Biarkan selama 20 menit lalu bilas

Itulah beberapa cara menghilangkan daki, sel-sel kulit mati dan bakteri dengan menggunakan bahan alami yang dapat Anda lakukan untuk exfoliasi kulit. Anda dapat mengulang penggunaan scrub diatas sekali atau dua kali dalam seminggu. Ketika Anda menggunakan bahan-bahan alami diatas untuk perawatan kulit, pastikan juga bahwa Anda tidak alergi pada bahan-bahan tersebut.

More