Category Hidup Sehat

Efektifkan Termometer Tembak Menghentikan Penyebaran COVID-19?

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, setiap kali Anda memasuki gedung pelayanan publik atau bahkan pasar, suhu tubuh Anda akan diperiksa menggunakan termometer tembak. Bank dan kantor-kantor besar sudah melakukan pemeriksaan suhu tubuh pekerja dan pengunjung guna mencegah kasus COVID-19 sejak bulan Maret ini. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah penggunaan termometer tembak tersebut efektif dalam menghentikan penyebaran penyakit corona?

Penyaringan suhu apakah efektif?

Menurut James Leo, selaku ketua petugas medis dari MemorialCare di Faountain Valley, termometer digital oral merupakan jenis termometer yang paling akurat. Sayangnya, termometer ini sangat tidak praktis digunakan untuk memeriksa suhu tubuh banyak orang. Tingkat keakurasian yang tinggi tersebut kemudian diikuti oleh termometer telinga, yang rentan terjadi eror terutama apabila saluran telinga tersumbat oleh lilin atau kotoran di dalamnya. Dr. Leo kemudian menjelaskan bahwa termometer tembak infrared yang digunakan pada dahi memiliki tingkat keakurasian yang lebih rendah dari keduanya.

Tista Ghosh, ahli epidemiologi dan direktur medis di Grand Rounds menjelaskan bahwa pengukuran suhu pribadi atau sendiri dapat menyediakan risiko paling rendah untuk penyebaran penyakit corona. Ia menjelaskan bahwa “screening” yang dilakukan secara mandiri dapat meminimalisir kontak langsung dari satu orang ke orang lain. Dr. Ghosh menjelaskan bahwa ada baiknya para pengusaha merekomendasikan karyawannya untuk melakukan “pra-screening” di rumah terlebih dahulu sebelum berangkat ke kantor. Meskipun demikian, termometer tembak infrared yang banyak dijumpai di tempat-tempat publik masih dapat memberikan keakurasian pengukuran suhu, tergantung dengan pembuat termometer tersebut.

Dapatkah termometer menghentikan penyebaran penyakit corona?

Pemeriksaan suhu akan menunjukkan apakah seseorang sedang menderita demam atau tidak. Apabila orang tersebut melakukan isolasi mandiri dan berkonsultasi dengan dokter, hal tersebut dapat mencegah penularan penyakit coronavirus. Sayangnya, pemeriksaan suhu menggunakan termometer tembak tidak akan menyaring semua demam yang berhubungan dengan COVID-19. Pemeriksaan suhu tersebut juga tidak akan dapat mengidentifikasi orang-orang yang memiliki virus corona di dalam tubuhnya namun tidak menunjukkan adanya gejala demam.

Dr. Leo menambahkan bahwa karena banyak orang dengan COVID-19 di tubuhnya tidak menunjukkan adanya tanda-tanda demam tertentu, teknologi penyaringan suhu masal yang ada dan tersedia saat ini dapat melewatkan beberapa kasus “asymptomatic” atau tanpa gejala. Sebagai tambahan, penggunaan obat-obatan penurun demam seperti acetaminophen dan ibuprofen juga dapat menutupi orang-orang yang berpotensi memiliki demam yang berhubungan dengan COVID-19. Pengukuran dan pemeriksaan suhu masal juga dapat menciptakan rasa aman yang salah. Karena, ketidak adanya demam bukanlah alat penyaringan atau screening COVID-19 yang dapat diandalkan.

Dr. Leo juga menjelaskan bahwa suhu 37.8 derajat Celsius umumnya menjadi suhu acuan demam yang dianggap sebagai batas penyaringan COVID-19. Padahal, tidak ada hal yang ajaib tentang suhu tersebut, karena suhu tumbu seseorang akan berubah-ubah seharian, dengan suhu paling rendah pada pukul 4 pagi dan paling tinggi pada pukul 4 sore, dengan demam yang sebenarnya dapat tidak terdeteksi di pagi hari. Dr. Leo menyatakan bahwa fluktuasi suhu normal sehari-hari kurang dari 1 derajat dan tidak seharusnya dapat mencapai suhu 37.8 derajat Celsius. Ghosh juga menyatakan bahwa “screening” pemeriksaan suhu yang dilakukan oleh supervisor atau karyawan lain menggunakan termometer tembak dapat menciptakan peluang terjadinya penularan dari satu orang ke orang lain. Untuk itu, baik pemeriksa atau yang diperiksa suhunya menggunakan termometer tembak diharapkan menggunakan pelindung muka atau masker untuk setidaknya dapat mengurangi penyebaran COVID-19.

More

6 Manfaat Buah Bidara Bagi Kesehatan, Sudah Tau?

Bidara merupakan tanaman yang cukup banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman yang dikenal sebagai Chinese apple atau Indian plum ini tumbuhan asli Asia. Tidak hanya daun, namun buah bidara juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

buah bidara
buah bidara

Tanaman bidara mengandung alkaloid, fenol, flavanoid, serta terpenoid yang terkenal bermanfaat sebagai pengobatan. Tanaman jenis semak dengan pohon berduri ini bisa memiliki tinggi pohon 3-12 meter.

Tanaman yang sudah tergolong langka, padahal bagian-bagian dari tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Biasanya bagian yang sering dimanfaatkan masyarakat adalah daun dan buahnya. Daunnya mengandung senyawa glikosida dan serat yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka serta menurunkan kolesterol.

Selain khasiat daunnya, buah bidara juga memiliki manfaat yang sudah terbukti. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya di sini.

Kandungan yang Terdapat dalam Buah Bidara

Buah bidara atau disebut juga jujube termasuk superfruit karena kaya sekali akan manfaat. Ukurannya sebesar telapak tangan orang dewasa,  berbentuk bulat, berwarna hijau saat masih muda, kemerahan ketika sudah matang, seperti tomat. Rasanya? Jangan ditanya lagi. Daging bahnya terasa sangat manis saat sudah matang.

Sebelum membahas mengenai manfaat yang melimpah dari buah bidara, ada baiknya untuk mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya.

Jadi, dalam buah bidara, terdapat kandungan nutrisi, yaitu vitamin C, air, lemak, protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, forfor, abu, serta gula. Ada juga pektin dan fluoride, diperkaya dengan tiamin, karoten, riboflavin, niasin, serta asam nstrat, masing-masing dalam jumlah yang sedikit.

Khasiat Buah Bidara bagi Kesehatan

Dalam buah bidara sudah disebutkan ada begitu banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya?

  1. Menyehatkan Saluran Cerna

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan konstipasi dan diare, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah bidara ini.  Sebab, salah satu manfaatnya adalah mampu menyehatkan saluran cerna. Selain itu, buah bidara juga mampu memperbaiki nafsu makan sehingga membuat proses pencernaan jadi lebih sehat dan mampu menjadi makanan penambah berat badan.

  • Memenuhi Kebutuhan Vitamin C bagi Tubuh

Rata-rata tubuh manusia sehat setidaknya membutuhkan 60-96 mg vitamin C sehari, maksimalnya 2000 mg. Vitamin C yang cukup dalam tubuh mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga mampu menghindari tubuh dari penyakit kardiovaskular karena bermanfaat menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga sangat penting bagi ibu hamil dan mencegah penuaan dini.

  • Menyehatkan Saluran Pernapasan

Kandungan saponin, alkaloid, serta triterpenoid dalam buah bidara ini memiliki khasiat untuk menyehatkan saluran pernapasan. Paru-paru yang sehat akan membuat Anda terhindar dari penyakit-penyakit pernapasan seperti bronkitis, faringitis, dan lainnya.

  • Mengandung Antikanker

Ternyata  kandungan dalam Chinese apple ini juga memiliki efek antikanker. Senyawa yang dimaksud adalah alkaloid, triterpenoid, dan saponin. Mungkin melalui penelitian lanjutan dan pengujian lab dari peneliti, senyawa antikanker pada buah bidara ini nantinya bisa menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit kanker.

  • Mengandung Antidiabetes

Selain senyawa antikanker, buah bidara juga memiliki efek antidiabetes. Menurut penelitiannya, dalam tubuh kandungan buah bidara ini akan membantu sel memanfaatkan gula darah. Lalu mencegah dan melindungi agar tidak terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah.

  • Mengatasi Masalah Kecemasan

Jujuba alias buah bidara ini nyatanya dapat memberikan rasa tenang bagi tubuh. Jadi pada penelitian yang pernah dilakukan di tahun 2000, senyawa-senyawa yang dihasilkan dari ekstraksi buah bidara mampu mengatasi gangguan kecemasan.

More

Mengapa Asuransi Kesehatan Penting?

Usia Anda masih tergolong muda dan Anda merasa sehat. Apa perlu memiliki asuransi kesehatan? Jawabannya adalah, mungkin iya.

Banyak orang berusia 20-an tahun merasa cukup sehat untuk tidak tidak memikirkan masalah asuransi kesehatan. Ketika Anda jarang menemui dokter, dan terutama jika keadaan keuangannya sangat ketat, mungkin ide yang bagus untuk memotong biaya asuransi kesehatan sepenuhnya dari anggaran Anda.

Asuransi kesehatan tidak murah, terutama jika Anda tidak pernah sakit. Dengan biaya bulanan yang mahal dan pengeluaran di luar budget, Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak Anda benar-benar membutuhkan pertanggungan dari asuransi kesehatan.

Anda dapat membayar biaya pengobatan saat Anda ke dokter alih-alih mengkhawatirkan premi asuransi. Namun, hal ini bisa sangat sulit jika Anda memiliki penyakit serius, kecelakaan, atau masalah kesehatan yang berkelanjutan karena biayanya bisa menjadi sangat besar dan sangat cepat. Inilah mengapa sangat penting bagi setiap orang untuk selalu memiliki semacam asuransi kesehatan.

Keadaan darurat medis sangat mahal. Jika Anda tidak beruntung, menjalani keadaan media darurat tanpa asuransi, bisa sangat melumpuhkan keuangan Anda.

jika Anda merawat kesehatan Anda dengan baik, sulit untuk memahami mengapa Anda benar-benar membutuhkan asuransi.  Namun, terjatuh dari tangga terakhir di rumah dan dislokasi pergelangan kaki, atau mengalami kecelakaan dan patah lengan dapat menyebabkan cedera yang menghabiskan biaya puluhan juta dalam tagihan medis Anda, dan kondisi itu dapat dengan cepat naik lebih tinggi jika Anda memerlukan operasi atau segala jenis rehabilitasi yang sedang berlangsung.

Asuransi kesehatan bukanlah barang mewah; tetapi suatu keharusan. Terdapat banyak hal lain yang harus Anda jalani sebelum Anda memilih untuk pergi tanpa asuransi kesehatan.

Jika Anda ingin asuransi tetapi merasa tidak yakin tentang cakupan apa yang cocok untuk Anda, ada beberapa pertanyaan yang dapat Anda jawab untuk mengetahuinya, seperti:

  • Bagaimana kesehatan Anda?
  • Seberapa sering Anda pergi ke dokter?
  • Opsi apa yang sekarang Anda miliki? 
  • Apa prioritas Anda?
  • Apa kebutuhan cakupan Anda?

Berpikir untuk melewatkan asuransi kesehatan karena Anda “muda dan sehat?”  Pertimbangkan ini: satu dari enam orang dewasa muda memiliki penyakit kronis seperti kanker, diabetes atau asma.

Faktanya, sebuah laporan dari para peneliti di Harvard Medical School menemukan bahwa anak-anak dan remaja semakin menderita tekanan darah tinggi, salah satu tanda pertama dari sejumlah kondisi kesehatan kronis yang biasanya tidak muncul hingga usia setengah baya.

Apakah Anda memiliki tanda-tanda awal kondisi kesehatan kronis seperti pra-diabetes atau tekanan darah tinggi? Apakah keluarga Anda memiliki riwayat penyakit kronis seperti penyakit jantung atau kanker?

Jika iya, Anda bisa berada pada resiko yang meningkat untuk mengembangkan penyakit kronis dan mungkin membutuhkan lebih banyak perawatan kesehatan daripada orang kebanyakan.

Tidak ada orang yang berencana sakit atau terluka, tetapi hal-hal buruk dapat terjadi, bahkan untuk orang sehat sekalipun. Jika Anda membayar sendiri setiap layanan medis, Anda dapat membuat beberapa keputusan perawatan kesehatan berdasarkan uang dan bukan berdasarkan yang terbaik untuk kesehatan Anda.

Ingatlah bahwa ada resiko keuangan yang terkait dengan asuransi kesehatan yang tidak Anda miliki, seperti tidak mampu membayar perawatan kesehatan apa pun. Kondisi ini bisa berubah menjadi hutang dalam jumlah besar jika Anda membutuhkan lebih dari sekadar perawatan kecil. Inilah sebabnya mengapa Anda harus mempertimbangkan asuransi kesehatan sebagai kebutuhan Anda.

More

Kompres Penurun Panas: Cara Mengatasi Panas Tinggi

Demam atau panas tinggi adalah kondisi yang dialami seseorang dimana suhu tubuhnya mencapai lebih dari 37 derajat Celsius. Demam merupakan masalah yang serius untuk ditangani. Oleh karena itu, kompres penurun panas adalah solusi untuk mengatasi panas tinggi.

Gejala

Jika manusia mengalami demam, mereka juga akan kemungkinan mengalami gejala lain berupa sakit kepala, meriang, tubuh terasa lemas, dehidrasi, ruam, diare, muntah, serta pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Kompres Penurun Panas dan Cara Menggunakannya

Meskipun kompres merupakan salah satu cara yang paling umum untuk mengatasi masalah seperti ini, banyak orang merasa bingung untuk memilih kompres penurun panas seperti apa yang dapat digunakan untuk meredakan gejala demam.

Untuk memilih kompres untuk mengatasi demam, Anda sebaiknya menggunakan kompres dengan suhu dingin dan tanpa menggunakan es batu. Selain itu, Anda perlu menggunakan handuk yang berukuran kecil atau sedang.

Cara menggunakan kompres mudah. Anda dapat memulainya dengan membasahi handuk yang akan digunakan. Setelah itu, Anda peras handuk tersebut untuk memastikan tidak ada air yang menetes. Anda kemudian letakkan handuk di dalam kulkas sampai dingin. Setelah membiarkannya dingin selama beberapa waktu, Anda keluarkan handuknya, dan letakkan handuk tersebut di bagian tubuh yang terasa panas.

Manfaat Menggunakan Kompres Penurun Panas

Menggunakan kompres penurun panas merupakan salah satu cara yang paling umum untuk meredakan gejala panas tinggi, namun juga dapat meredakan sakit kepala, nyeri, bahkan pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.

Cara Lain Untuk Meredakan Panas Tinggi

Untuk menurunkan panas, Anda tidak hanya mengatasinya dengan kompres penurun panas. Anda juga dapat melakukan beberapa cara di bawah ini:

  1. Konsumsi air mineral

Demam dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, orang-orang sangat dianjurkan untuk minum air secara rutin.

  • Istirahat yang cukup

Anda juga dihimbau untuk istirahat yang cukup, karena demam merupakan tanda tubuh sedang melawan infeksi, dan hal tersebut dapat menguras energi.

  • Mandi air hangat

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah mandi air hangat untuk meredakan demam. Jika Anda menggunakan air dingin, maka hal tersebut dapat membuat tubuh Anda menggigil.

  • Jangan mengenakan kain berlapis

Cara lain untuk meredakan demam adalah tidak menggunakan kain berlapis. Penggunaan kain berlapis dapat membuat panas di dalam tubuh Anda terperangkap sehingga dapat meningkatkan suhu tubuh.

  • Hindari udara dingin

Anda juga perlu hindari udara dingin untuk meredakan gejala panas tinggi. Anda sebaiknya tidak menggunakan AC saat Anda beristirahat.

  • Menggunakan obat

Anda juga dapat menggunakan obat penurun panas berupa acetaminophen atau ibuprofen. Obat aspirin juga dapat digunakan, namun obat ini tidak disarankan untuk anak-anak dan remaja.

Pandemi Covid-19

Menjaga kesehatan tubuh itu penting, karena saat ini dunia menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19. Hingga tanggal 10 Mei 2020, jumlah kasus virus Corona telah mencapai lebih dari 4 juta. Virus tersebut juga mengakibatkan setidaknya 280 ribu orang meninggal dunia, namun tercatat bahwa lebih dari 1,4 juta orang dinyatakan sembuh. Salah satu gejala yang dialami manusia akibat Covid-19 adalah demam.

Untuk mencegah penyebaran virus Corona, sejumlah wilayah di Indonesia memberlakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Selain itu, setiap orang juga dihimbau untuk melakukan hal-hal berikut:

  • Sering mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik. Anda dapat menggunakan hand sanitizer sebagai penggantinya.
  • Jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut jika tangan Anda tidak bersih.
  • Tetap berada di rumah, kecuali jika Anda punya keperluan mendesak seperti membeli obat.
  • Jika Anda keluar rumah, gunakan masker.
  • Hindari kerumunan dan jaga jarak dengan orang lain setidaknya 1,5 meter.
  • Jangan melakukan kontak fisik dengan orang lain.
  • Jangan menggunakan transportasi umum yang penuh sesak.
  • Batasi kegiatan di luar rumah.
  • Konsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran.
  • Berolahraga secara teratur.

Kesimpulan

Itulah kompres penurun panas dan cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meredakan panas tinggi. Cara meredakan gejala tersebut mudah. Namun, jika kondisinya memburuk, Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter supaya Anda mendapatkan pengobatan yang lebih baik.

More

Cara Melakukan Pijat Yoni Agar Meraih Multiple Orgasme

Sebagai pasangan suami istri, pasti menginginkan pasangannya untuk bisa saling memuaskan. Untuk bisa saling memuaskan, keduanya memang harus saling terbuka dan menjelaskan apa yang diinginkannya. Sebagai contoh, saat istri ingin mendapatkan kepuasan saat berhubungan intim, kamu harus memberitahukan kepada suami untuk melakukan pijat yoni. Apa itu pijat yoni?

Sederhananya, Yoni dalam bahasa Hindi berarti vagina. Bagi mereka yang mempelajari dan mempraktekkan seks Tantra (aliran spiritual kuno yang juga berasal dari India), vagina dianggap sebagai bagian paling sakral dari tubuh wanita. Dalam Tantra, vagina dipuja dan wajib – kami menekankan kata ‘wajib’ – diperlakukan dengan hormat, kelembutan, dan penuh perhatian.

Pijat ini menjadi momen sensual antara kamu dengan pasangan yang berguna untuk memperkuat hubungan dan membangun kepercayaan. Kamu dan pasanganmu akan saling terhubung satu sama lain yang membawa pada pancaran keutuhan, kebahagiaan, serta kepuasan.

Rasanya memang akan sangat berbeda hal itu dikarekanan meski kamu ingin hasil yang membahagiakan bagi kedua belah pihak, namun pijat yoni ini menawarkan lebih dari apa yang kamu bayangkan tersebut. Saat melakukan pijatan, kamu akan merasa santai dan nyaman, bahkan dirimu bisa dengan bebas mengekspresikan orgasme yang dirasakannya.

Namun perlu diingat, bahwa segala jenis emosi juga bisa muncul saat pijat yoni. Sebagai contoh kesedihan, nafsu, kemarahan, rasa girang, hingga rasa ketidakpedulian. Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak terlalu berharap terlalu tinggi karena segala hal bisa terjadi saat pijat. Dan sebagai pengingat bahwa tujuan utama dari pijat ini ialah untuk menghormati dan menghargai seorang istri yang istimewa.

Cara melakukan pijat Yoni

Inilah waktu yang intim di mana waktu sejenak berhenti. Tatap mata pasangan kamu dengan penuh kekaguman dan mulailah mengatur napas secara bersamaan sehingga emosi satu sama lain saling terkait.

Hal ini akan membantu kamu untuk terhubung semakin dalam membawa diri pada keterbukaan sehingga tak ada lagi perasaan yang menghalangi pijat Yoni. Lanjutkan dengan pernapasan yang dalam dan perlahan tetap rileks sepanjang proses.

Saat sudah merasa siap, berbaringlah dengan posisi telentang. Siapkan dua buah bantal, satu untuk menyangga kepala dan satu untuk diletakkan di bawah pinggang. Pastikan panggul kamu jadi lebih tinggi. Secara perlahan buka Yoni kamu, dan biarkan suami duduk nyaman dengan kakinya yang disilangkan di antara kedua kaki kamu. Jangan langsung menuju Miss V. Mulailah dengan memijat bagian-bagian lain dari tubuh untuk melemaskan otot. Dengan tegas namun lembut, remas-remas paha, kaki, lengan, perut, dan payudara. Kemudian sebelum menuju sweet spot, pijat area tulang kemaluan lalu lanjutkan dengan paha bagian dalam.

Para suami, gunakan tangan kananmu untuk menyeimbangkan Tantra, lalu oleskan minyak pijat atau pelumas ke bagian depan Yoni. Tuang hingga ada yang menetes ke bagian bibir luar Miss V. Oleskan minyak dengan lembut pada area bibir luar miss V kemudian gunakan jempol dan telunjuk untuk meremas setiap bagian luar bibir secara perlahan. Gosok ke atas dan bawah sepanjang bibir. Ulangi hal itu lagi dengan bagian bibir dalam, sambil melakukan variasi tekanan dan kecepatan. Jangan lupa untuk istri menunjukkan pada suami apa yang dirasakan enak saat sang suami melakukan pijitan ini.

Pelan-pelan usaplah klitorisnya dengan gerakan melingkar searah jarum jam dan berlawanan. Saat istri sudah siap, dengan lembut lakukan penetrasi menggunakan jari tengah sambil memijak bagian dalam yoni. Rasakan gairah istri yang mulai memuncak yang ditandai dengan napas semakin berat. Ingat untuk selalu bernapas secara perlahan dan sinkron dengan pasanganmu. Ubah kecepatan serta kedalaman saat memijat bagian dalam.

Jangan abaikan setiap inci tubuhnya, naik, turun, jelajahilah semuanya – tanpa menyisakan bagian yang tak tersentuh ketika kamu mencari ‘tempat suci’ dalam Tantra: G-Spot. Temukan Gspot dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas saat jari kamu masih berada di dalam Yoni-nya, lalu tekuk jari dan masuklah lebih dalam.

Lanjutkan pijatan dengan memvariasikan kecepatan, tekanan, dan gerakan – sambil terus menatap mata istri dan bernapas bersamanya. Para wanita, jangan kaget bila ada banyak emosi kuat yang kamu rasakan. kamu mungkin merasa ingin menangis atau malah tertawa terbahak-bahak. Jangan khawatir, bukan berarti kamu adalah orang yang aneh.

Hanya saja semua energi dan emosi yang selama ini terpendam akhirnya terbebas, dan kamu akan disembuhkan. Lanjutkan dan mulailah sberteriak, memaki, menjerit ketika kamu mencapai klimaks. Jangan ditahan, luapkan semua senergi dan emosi yang terpendam. Terus bernapas dengan stabil yang akan menggerakkan energi dan menyebarkannya ke seluruh tubuh.

Multiple orgasms

Ya, ini yang pasti kamu cari: orgasme berulang kali. Multiple orgasm dapat diraih dengan ‘mengendalikan ombak’ dalam istilah Tantra. Jika suami kamu penyayang dan sabar, kamu dapat mempelajari bagaimana mencapai multiple orgasm. Katakan pada suami untuk berhenti ketika Yoni kamu terpuaskan. Lalu, kamu bisa berbaring saja ketika kondisi gairah memuncak yang diliputi rasa senang dan terpuaskan. Minta suami untuk menutup tubuh kamu dengan selimut hangat jika kamu ingin. kamu boleh membiarkan diri kamu untuk berbaring dan menikamti kedamaian yang intim.

Demikianlah praktek pijat yoni agar istri mendapatkan multiple orgasme. Semoga artikel ini bisa membantu membangkitkan gairah kehidupan ranjangmu bersama pasangan.

More

Manfaat Si Unik Vitamin D

Manfaat vitamin D yang terpopuler adalah membantu perkembangan kesehatan tulang.

Vitamin D merupakan vitamin yang unik, vitamin ini terkadang juga disebut sebagai “vitamin sinar matahari” karena vitamin D di produksi di kulit Anda sebagai respons terhadap sinar matahari. Selain itu, menurut para ahli, vitamin D tidak memiliki banyak kesamaan dengan vitamin lain karena vitamin ini disintesis oleh tubuh Anda.

Seperti vitamin pada umumnya, vitamin D memiliki manfaat yang juga tidak kalah penting. Salah satu fungsi serta manfaat vitamin D adalah mengatur penyerapan kalsium dan fosfor, dan memfasilitasi fungsi sistem kekebalan tubuh Anda serta meningkatkan resistensi Anda terhadap penyakit tertentu. Manfaat lainnya vitamin D bagi tubuh Anda juga meliputi:

  • Mendukung perkembangan gigi dan tulang yang sehat
  • Mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh, otak, dan saraf
  • Mengatur kadar insulin dan mendukung manajemen diabetes
  • Mendukung fungsi paru-paru dan kesehatan jantung
  • Mempengaruhi ekspresi gen yang terlibat dalam perkembangan kanker

Vitamin D juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting, seperti:

  • Membantu perkembangan tulang yang sehat

Vitamin D berperan penting dalam pengaturan kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah Anda. Faktor-faktor tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Anda membutuhkan vitamin D untuk memungkinkan usus Anda menstimulasi dan menyerap kalsium dan mengambil kembali kalsium yang dikeluarkan oleh ginjal.

Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat menyebabkan rakhitis, yang menyebabkan penampilan yang sangat kaku akibat pelunakan tulang.

Begitu juga pada orang dewasa, defisiensi vitamin D bermanifestasi sebagai osteomalacia, atau pelunakan tulang. Osteomalacia menyebabkan kepadatan tulang yang buruk dan kelemahan otot.

  • Bayi yang sehat

Kekurangan vitamin D memiliki kaitan dengan tekanan darah tinggi pada anak-anak. Salah satu penelitian menemukan kemungkinan hubungan antara kadar vitamin D yang rendah dan kekakuan pada dinding arteri anak-anak. Akademi Asma dan Imunologi Alergi Amerika (AAAAI) menyebutkan bahwa hasil penelitian menunjukkan hubungan antara paparan vitamin D yang rendah dan peningkatan resiko kepekaan alergi.

Selain itu, vitamin D juga dapat meningkatkan efek antiinflamasi glukokortikoid. Manfaat ini membuat vitamin D berpotensi sebagai terapi suportif untuk orang dengan asma yang resisten terhadap steroid.

  • Kehamilan yang sehat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang kekurangan vitamin D kemungkinan memiliki resiko lebih besar terkena preeklampsia dan melahirkan secara prematur. Dokter juga mengaitkan status vitamin D yang buruk dengan diabetes gestasional dan vaginosis bakteri pada wanita hamil.

Selain itu, para peneliti juga menghubungkan kadar vitamin D yang tinggi selama kehamilan dengan peningkatan resiko alergi makanan pada anak selama 2 tahun pertama kehidupan.

  • Mengurangi depresi

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin D mungkin memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati dan menangkal depresi. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa orang dengan depresi yang menerima suplemen vitamin D memiliki peningkatan pada gejala mereka.

  • Meningkatkan penurunan berat badan

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D setiap hari mampu menurunkan berat badan lebih banyak daripada Anda yang mengonsumsi suplemen plasebo. Para ilmuwan mengatakan bahwa kalsium dan vitamin D tambahan memiliki efek menekan nafsu makan pada tubuh.

Selain paparan dari sinar matahari, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari sumber lainnya, karena beberapa makanan juga mengandung vitamin D secara alami. Makanan yang mengandung vitamin D meliputi:

  • Ikan salmon
  • Ikan sarden
  • Kuning telur
  • Udang
  • Susu (diperkaya)
  • Sereal (diperkaya)
  • Yogurt (diperkaya)
  • Jus jeruk (diperkaya)

Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin D untuk membantu Anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai cara yang tepat untuk mendapatkan kadar vitamin D yang sesuai.

More

Apa Saja Manfaat Vitamin A?

Manfaat vitamin A bisa didapat dari bayam dan brokoli

Setiap makanan mengandung berbagai sumber untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Salah satu sumber yang bermanfaat adalah vitamin A. Manfaat vitamin A mampu memenuhi kebutuhan manusia setiap hari.

Vitamin A merupakan salah satu sumber yang ditemukan pertama kali sehingga nama vitamin A muncul berdasarkan abjad.

Jenis Vitamin A

Vitamin A merupakan zat yang larut lemak. Vitamin A dibagi menjadi 2 jenis, antara lain:

1. Preformed vitamin A (retinol)
Jenis vitamin A ini dapat ditemukan dalam produk hewani seperti daging, ikan, dan susu.

2. Provitamin A (karoten)
Jenis vitamin A ini dapat ditemukan dalam nabati berupa sayuran dan buah-buahan.

Manfaat Vitamin A
Banyak makanan yang mengandung vitamin A. Anda bisa mengkonsumsi segala bentuk makanan yang mengandung vitamin A karena manfaat vitamin A adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
    Salah satu manfaat yang berguna dari vitamin A adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin A berperan dalam meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi bakteri. Jika sel darah putih menurun, bakteri dapat menyerang tubuh dan mengakibatkan sistem imun lemah sehingga manusia rentan terhadap penyakit.
  • Menjaga kesehatan mata
    Manfaat vitamin A yang lain adalah mampu menjaga kesehatan mata manusia. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel karena secara ilmiah mampu menjaga kondisi mata.

    Jika manusia kekurangan vitamin A, mereka akan mengalami rabun senja. Orang yang mengalami rabun senja tetap bisa melihat dengan normal pada siang hari, namun merasa kesulitan untuk melihat kegelapan pada malam hari.
  • Mencegah jerawat
    Hal lain yang dapat dilakukan vitamin A adalah mencegah terjadinya jerawat pada kulit. Salah satu penyebab jerawat muncul adalah karena kekurangan vitamin A. Jerawat biasanya terjadi pada bagian wajah, dada, dan punggung.
  • Menjaga kesehatan tulang
    Vitamin A sebenarnya penting untuk dikonsumsi karena mampu menjaga kesehatan tulang. Asupan vitamin A jauh lebih kuat dibandingkan dengan vitamin D. Tidak hanya itu, vitamin A juga memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang stabil pada tulang.
  • Menjaga sistem reproduksi
    Vitamin A juga dapat digunakan untuk menjaga sistem reproduksi baik bagi pria maupun wanita. Jika pria kekurangan vitamin A, perkembangan sel sperma akan terhambat sehingga terjadi kemandulan. Jika wanita kekurangan vitamin A, kualitas sel telur akan menurun.
  • Mengurangi risiko kanker
    Manfaat lain yang penting dari vitamin A adalah mampu mengurangi risiko kanker. Menurut World Health Organization (WHO), manusia yang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten dapat menurunkan risiko kanker serviks dan kanker paru-paru.
  • Menjaga kehamilan
    Vitamin A juga sangat penting untuk dikonsumsi oleh wanita hamil karena vitamin A dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan organ bayi. Wanita hamil juga perlu konsumsi vitamin A berdasarkan asupan yang sesuai. Jika mereka mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan, maka akan mengakibatkan bayi cacat lahir.
  • Mencegah risiko terkena campak
    Manfaat lain yang diperoleh vitamin A adalah mencegah risiko terkena campak. Manusia dapat mengkonsumsi vitamin A dalam bentuk suplemen untuk mengurangi risiko campak yang mengakibatkan kematian.

Ketentuan Vitamin A

Manfaat vitamin A beragam, namun Anda perlu pahami bahwa penggunaan vitamin A berdasarkan usia dan kebutuhannya. Berikut adalah ketentuan penggunaan vitamin A:

  • Untuk anak-anak di bawah 14 tahun, penggunaan vitamin A tidak lebih dari 700 mikrogram.
  • Untuk remaja yang berusia lebih dari 14 tahun, penggunaan vitamin A berkisar antara 700 hingga 900 mikrogram.
  • Untuk wanita hamil, penggunaan vitamin A adalah antara 1.200 sampai 1.300 mikrogram.
More

Sedot Lemak Apakah Bermanfaat?

Sedot lemak, atau biasa disebut dengan “liposusction”, merupakan sebuah tindakan bedah kosmetik yang menghancurkan dan “menyedot” lemak di dalam tubuh. Tindakan medis ini biasa dilakukan di daerah perut, paha, pantat, leher, dagu, lengan bagian atas dan bagian belakang lengan, dan punggung. Setelah “dihancurkan”, lemak kemudian akan diserap oleh sebuah alat yang disebut kanula yang dimasukkan ke dalam bagian bawah kulit. Untuk dapat menyedot lemak dengan optimal, kanula tersebut dihubungkan dengan sebuah alat vakum bertekanan tinggi. Sedot lemak merupakan bedah kosmetik yang biasa dan sering dilakukan di Amerika Serikat. Contohnya saja, di Amerika Serikat sendiri terdapat lebih dari 300 ribu prosedur bedah lemak.

Orang-orang yang melakukan prosedur bedah lemak biasanya memiliki berat badan yang stabil. Namun mereka ingin menghilangkan timbunan lemak di bagian-bagian tubuh tertentu. Yang sering salah dipahami adalah, sedot lemak bukanlah suatu metode menurunkan berat badan atau pun salah satu bentuk perawatan untuk obesitas. Prosedur sedot lemak juga tidak menghilangkan selulit ataupun tanda serutan. Tujuan utamanya hanya sebatas tindakan kosmetik dan cocok bagi mereka yang ingin tampil berbeda dan tampak lebih langsing. Sedot lemak dapat dengan permanen menghilangkan sel-sel lemak, sehingga mampu merubah bentuk tubuh. Akan tetapi, apabila pasien yang melakukan sedot lemak tidak melakukan gaya hidup yang sehat setelah tindakan operasi dilakukan, ada kemungkinan sisa-sisa sel lemak yang tertinggal dapat kembali membesar. Tidak semua lemak dapat disedot. Ada batasan jumlah lemak yang bisa dihilangkan dengan aman. Sedot lemak juga tidak sepenuhnya aman. Hal ini karena ada beberapa risiko yang menemani prosedur bedah kosmetik ini, misalnya saja infeksi, mati rasa, dan bekas goresan. Apabila lemak yang diambil terlalu banyak, ada kemungkinan timbul lekukan di kulit. Risiko operasi tersebut akan meningkat seiring dengan banyaknya jumlah lemak yang dihilangkan.

Sedot lemak apa manfaatnya?

Pada umumnya sedot lemak hanya dilakukan untuk meningkatkan penampilan seseorang, dan bukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan apapun. Banyak orang mungkin bisa mendapatkan hasil yang sama dengan sedot lemak (atau bahkan lebih baik)  hanya dengan mengadopsi gaya hidup yang sehat, makan makanan yang seimbang, aktivitas atau olahraga secara teratur, dan memiliki jadwal tidur yang sehat. Sedot lemak biasanya hanya disarankan apabila perubahan gaya hidup saja tidak cukup untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sedot lemak juga dapat mengatasi lemak di daerah-daerah yang sulit dihilangkan hanya dengan diet dan olahraga. Ketika seseorang bertambah berat badan, masing-masing sel lemak bertambah besar dan volumenya meningkat. Sedot lemak menjadi solusi untuk menghilangkan sel-sel lemak di daerah-daerah yang terisolasi. Apabil Anda tertarik untuk melakukan sedot lemak, diskusi akan manfaat dan risiko dengan dokter Anda perlu dilakukan karena sedot lemak hanya bisa dilakukan setelah pertimbangan yang masak. Perubahan yang dapat Anda peroleh dari sedot lemak pun terbilang kecil, dan tidak terlalu tampak karena jumlah lemak yang dapat disedot terbatas. Beberapa area yang biasa mendapatkan prosedur sedot lemak seperti perut, punggung, bokong, dada, panggul, leher dan daerah bawah dagu, paha, dan lengan bagian atas. Sedot lemak ini akan menunjukkan hasil yang lebih baik bagi mereka yang memiliki warna kulit yang baik dan juga elastis. Orang-orang yang tidak memiliki kulit yang elastis dapat memiliki hasil di mana kulit terlihat longgar di daerah di mana sedot lemak dilakukan.

More
manfaat bekam bagi kesehatan

Apa Itu Bekam dan Manfaatnya bagi Kesehatan?

Bekam merupakan salah satu metode pengobatan yang mungkin pernah Anda dengar sekilas. Bekam merupakan terapi pengobatan kuno yang dilakukan dengan hisapan pada kulit dengan menggunakan alat khusus sehingga menyebabkan perubahan warna. Bekam kadang dikombinasikan dengan pijat, akupuntur dan terapi alternatif lainnya.

Bekam dilakukan dengan menarik cairan ke area permukaan kulit terjadi perubahan warna pada permukaannya yang mirip memar. Bekam telah populer di budaya Mesir, Cina, dan Timur Tengah sejak ribuan tahun lalu, tetapi semakin banyak orang di seluruh dunia yang mengadopsinya. Selebritas dan atlet telah mempopulerkannya di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir.

Apa Saja Manfaat Bekam Bagi Kesehatan?

Menurut teori para penggunanya, bekam dianggap mampu meningkatkan penyembuhan dan digunakan secara luas untuk mengatasi otot yang sakit. Beberapa manfaat lain bekam antara lain:

  • Mengatasi nyeri punggung dan leher
  • Mengatasi masalah kulit seperti jerawat
  • Menurunkan kolesterol
  • Menyembuhkan migrain
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika bekam dianggap mampu mengatasi masalah kesehatan di atas, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya? Dari perspektif biologis, tidak jelas bagaimana penerapan metode hisap dan pengambilan darah ke area di bawah kulit bisa memberikan semua manfaat ini.

Peninjauan ulang tentang bekam baru-baru ini menggambarkan metode ini sebagai pengobatan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, memulihkan keseimbangan antara kekuatan positif dan negatif, menghilangkan faktor penyebab penyakit, dan meningkatkan sirkulasi darah. Namun bagaimana tepatnya masih belum bisa dijelaskan.

Apakah Bekam Terbukti Ampuh?

Ada beberapa penelitian yang mencoba membuktikan ini, tapi sayangnya tidak ada yang bisa memberikan jawaban yang meyakinkan. Faktanya, tinjauan ulang tahun 2015 menemukan bahwa bekam mungkin memberikan manfaat untuk mengurangi nyeri leher atau punggung kronis, tetapi bukti ini masih belum dianggap kuat.

Apakah Bekam Memiliki Efek Samping?

Kebanyakan ahli setuju bahwa bekam itu aman. Selama pasien tidak keberatan dengan perubahan warna yang mencolok pada kulit (yang akan memudar selama beberapa hari atau minggu), efek samping cenderung terbatas pada rasa sakit mirip cubitan yang dirasakan selama prosedur dilakukan. Tidak pernah ada laporan bahwa bekam membawa efek negatif, tapi beberapa masalah alergi kulit memang pernah terjadi.

Lantas bagaimana kesimpulannya? Jika Anda pernah mencoba bekam dan merasa ini ada khasiatnya untuk masalah kesehatan yang Anda alami, mungkin meneruskannya adalah opsi terbaik. Tapi jika Anda ingin mencari metode penyembuhan lain, maka itu juga tidak masalah.

Meski baru kemungkinan besar reaksi yang dirasakan oleh pelaku bekam adalah efek placebo (semacam sugesti), namun bukan tidak mungkin kita benar-benar bisa menemukan manfaat pasti yang meyakinkan dari bekam. Untuk klaim yang menyebut bahwa bekam membawa efek positif, kita masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

More
kondisi kesehatan pencernaan

Pastikan Kondisi Kesehatan Pencernaan dengan Mengenali Tipe dan Warna Kotoran Anda

Kondisi pencernaan dapat diperkirakan dengan kotoran atau feses yang dikeluarkan saat buang air besar. Kotoran yang dikeluarkan manusia memiliki beragam tipe dan warna. Untuk memahami keadaan feses, Anda dapat merujuk pada skala tips dan warna feses beserta penjelasannya. Berikut ini adalah ulasan mengenai kondisi pencernaan berdasarkan tipe dan warna kotoran.

Tipe Kotoran
Tipe kotoran biasanya bergantung pada bentuk dan tekstur dari kotoran itu sendiri. Biasanya hal ini dapat dipengaruhi oleh asupan makanan dan lama kotoran berada di usus besar.


Tipe 1
Kotoran tipe 1 tampak telah menghabiskan waktu yang lama di usus dan sulit untuk keluar dengan bentuk yang keras, kecil-kecil, dan kering. Jika feses Anda terlihat seperti ini, Anda mungkin sedang mengalami konstipasi. Jika hal ini terjadi lebih lama dari satu minggu, segera konsultasikan pada dokter untuk mencari tahu apa penyebabnya.

Tipe 2
Kotoran tipe 2 juga merupakan pertanda bahwa Anda sedang mengalami sembelit. Teksturnya juga padat dan keras, tetapi tidak sekering tipe 1. Cobalah untuk mendapatkan lebih banyak serat dalam asupan makan harian dan minum lebih banyak air untuk menggerakkan organ pencernaan menjadi lebih lancar.

Tipe 3
Dokter menganggap kotoran seperti tipe 3 merupakan jenis normal dengan tekstur dan konsentrasi yang cukup padat dan lunak sehingga mudah dikeluarkan. Kotoran tipe ini tidak akan membuat Anda lama berada di toilet untuk buang air besar.

Tipe 4
Untuk kotoran tipe 4, memiliki diameter yang lebih besar dari tipe 3. Diameter yang besar menandakan waktu transit yang sedikit lebih lama atau adanya asupan serat dalam makanan.

Tipe 5
Kotoran tipe 5 relatif mudah untuk dikeluarkan, biasanya diikuti dengan rasa mulas untuk pergi ke kamar mandi. Waspadai karena bisa jadi itu merupakan tanda diare ringan.

Tipe 6
Kotoran tipe 6 seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman karena muncul dengan rasa perut melilit. Jika Anda mendapatkan kotoran tipe ini lebih dari tiga kali sehari, bisa dipastikan Anda mengalami diare. Pastikan untuk minum banyak cairan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Tipe 7
Kotoran ini bergerak sangat cepat melalui usus Anda karena bentuknya yang sangat cair. Pastikan untuk segera menemui dokter jika Anda mengalaminya lebih dari 3 hari. Apalagi jika diikuti dengan tanda-tanda dehidrasi lainnya, seperti mulut kering, mengantuk, sakit kepala, atau pusing.

Warna Kotoran
Warna kotoran dapat berbeda-beda bergantung pada asupan makanan dan pengaruh dari empedu. Untuk lebih jelasnya, simak perbedaan warna kotoran berikut ini.

Coklat
Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, warna kotoran bergantung dipengaruhi oleh beberapa hal, di antaranya pola makan dan pengaruh empedu. Dalam hal ini empedu merupakan cairan kuning-hijau yang membantu tubuh mencerna lemak. Maka, warna tinja yang sehat harus mencerminkan campuran semua warna makanan yang Anda makan dan cairan empedu tersebut. Secara umum, warna cokelat dengan sedikit kehijauan masih dianggap normal.

Hijau
Kotoran berwarna hijau tentu akan membuat Anda bingung, tetapi jangan khawatir. Warna kotoran hijau sesekali bukanlah masalah dan tidak akan menandakan hal serius. Kondisi ini dapat disebabkan karena Anda makan banyak sayuran hijau (yang baik) atau terlalu banyak mengonsumsi pewarna makanan hijau (kurang baik). Selain itu, warna hijau juga dapat disebabkan makanan yang melaju cepat saat melalui sistem pencernaan. Ini bisa juga menjadi tanda diare.

Kemerahan
Tidak jarang pula kotoran tampak berwarna kemerahan. Warna ini dapat berasal dari pewarna makanan merah atau asupan obat yang juga berwarna merah. Jangan khawatir karena jika itu penyebabnya, kotoran Anda akan kembali seperti biasa dalam waktu segera. Namun, hati-hati jika warna merah di feses merupakan warna dari darah. Sebab, itu dapat menandakan adanya pendarahan di usus besar Anda. Terkadang darah juga bisa berasal dari dubur yang tergores atau akibat wasir. Jika ini yang terjadi, segera konsultasikan kondisi Anda pada dokter.

Hitam
Mengonsumsi suplemen zat besi dapat menyebabkan kotoran menjadi berwarna hitam. Namun, apabila tidak, ada baiknya untuk segera mengonsultasikan kondisi Anda pada dokter. Kotoran hitam dengan tekstur kering menandakan adanya gejala darah tinggi pada saluran pencernaan.

Warna Terang
Kotoran berawarna kuning terang merupakan kondisi yang baik-baik saja pada bayi yang masih mendapatkan ASI eksklusif. Namun, jika terjadi pada orang dewasa, itu bisa menjadi pertanda bahwa asupan Anda terlalu banyak lemak. Selain itu, kotoran dengan warna terang juga bisa berarti tubuh Anda kesulitan menyerap nutrisi seperti seharusnya. Jika Anda mendapati kotoran Anda berwarna terang, segera konsultasikan pada dokter. Apalagi jika kotoran Anda tampak berwarna putih yang berarti mengandung kapur. Hal ini bisa terjadi akibat efek samping dari beberapa obat atau tanda bahwa saluran empedu Anda tersumbat.

More