Ejakulasi Dini Teratasi Lewat Senam Kegel yang Mudah

Ejakulasi dini manjadi salah satu gangguan kesehatan yang amat menakutkan bagi pria. Pasalnya, gangguan yang menyerang kinerja reproduksi itu bisa membuat relasi hubungan pria dengan pasangannya menjadi sedikit terganggu. Ejakulasi dini masuk ke dalam disfungsi seksual di mana seseorang tidak mampu untuk mencapai atau mempertahankan ereksi yang dapat memuaskan aktivitas seksual.

Sederhananya, ejakulasi dini merupakan kondisi di mana pelepasan air mani (ejakulasi) tidak sesuai dengan yang diharapkan atau terjadi di luar kontrolnya. Ejakulasi dini merupakan kondisi yang umum, pasalnya, sekitar 1 dari 3 pria berusia 18 sampai 59 tahun mengalami kondisi ini.

Beruntungnya, kondisi ini bisa diatasi lewat beberapa perawatan. Bisa melalui metode medis, alternatif dengan penggunaan bahan-bahan alami, ataupun pelatihan di rumah. Salah satu metode yang populer adalah senam kegel.

Senam kegel adalah latihan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah atau pubococcygeus (PC). Senam Kegel akan memperkuat otot bulbocavernosus yang bertugas untuk mempertahankan aliran darah ke penis selama ereksi, memompa saat ejakulasi, dan membantu mengosongkan uretra setelah buang air kecil.

Melatih otot ini dengan senam Kegel dapat membantu mengatasi berbagai masalah seksual pria, seperti disfungsi ereksi dan ejakuasi dini. Nah, untuk itu, di bawah ini terpapar serba-serbi senam kegel ini:

  • Cara Melakukan Senam Kegel Pria

Berikut langkah-langkah untuk mulai melakukan senam kegel:

  • Temukan otot panggul bawah

Sebelum memulai latihan ini, Anda harus bisa menemukan otot yang punya peran dalam mengatur ejakulasi. Ia adalah otot panggul bawah. Caranya, saat sedang buang air kecil, cobalah untuk menghentikan atau memperlambat aliran urine. Otot-otot yang digunakan untuk menghentikan aliran urine tersebut merupakan otot panggul bawah Anda.

Nah, jika sudah tahu otot mana yang akan dilatih dan dapat merasakan kontraksinya, Anda bisa lebih memulai melakukan senam kegel.

  • Ketahui tekniknya

Teknik atau cara senam kegel amat sederhana. Anda hanya perlu mengencangkan otot panggul, lalu tahan kontraksinya selama 3 detik. Setelah itu, lemaskan otot tersebut selama 3 detik, dan kencangkan kembali. Ulangi gerakan ini hingga beberapa kali dan terus tingkatkan durasi “tahan-lepas” kontraksi otot tersebut.

  • Fokus saat berlatih

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, fokuskan pada pengencangan otot panggul bawah. Selama mengencangkan otot panggul bawah, bernapaslah seperti biasa dan hindari menahan otot perut, paha, ataupun pantat.

  • Lakukan secara rutin

Untuk hasil terbaik, lakukan latihan senam kegel secara rutin. Sebab, untuk bisa merasakan  manfaatnya, Anda perlu bersabar. Umumnya, dibutuhkan waktu 3-4 bulan hingga terasa efeknya dalam meningkatkan ketahanan ereksi. Sedangkan untuk mengatasi inkontinensia urine, dibutuhkan waktu 3-6 minggu, jika Anda melakukannya secara rutin.

  • Ragam Posisi Senam Kegel
  • Berbaring; Berbaringlah di atas tikar atau tempat tidur. Naikkan panggul Anda tinggi-tinggi semampu Anda, lurukan paha, dan tahan posisi tersebut dengan kaki bawah Anda.

Pada posisi itu, mulailah untuk mengencangkan dan tahan otot dasar pelvis Anda. Lakukan langkah ini tanpa mengerutkan otot pantat, perut, atau paha.

  • Duduk atau Berdiri; Lakukan cara ini setelah Anda bisa menyempurnakan gerakannya sambil berbaring. Duduklah tegak di atas kursi atau berdirilah di depan cermin. Kencangkan dan tahan otot dasar pelvis dan ulangi hingga dirasa cukup.
  • Variasi; Maksudnya, Anda dapat melakukan senam kegel untuk mengatasi ejakulasi dini ini sembari melalukan aktivitas lain, seperti saat mencukur, menyikat gigi, atau mengetik. Aktivitas mengerut dan mengendurkan otot dasar pelvis ini juga bisa dilakukan sambil membaca atau menonton teve, lho.
  • Teknis dan Tahap-Tahap Senam Kegel
  1. Mulailah dengan lima kali pengulangan. Saat pertama kali melakukan latihan ini, mulailah pelan-pelan dengan melakukan hanya lima kali pengulangan sekali waktu. Lakukan satu set lima kali pengulangan sebanyak dua kali sehari; misalnya, pada pagi dan malam hari.

Jangan lupa untuk tetap mengatur pernapasan saat melakukan latihan ini. Jika Anda kesulitan menyelaraskan pernapasan dengan latihan ini, hitung sampai lima sambil mengencangkan dan menahan otot Anda.

  • Tambahkan lima kali pengulangan dan satu set. Lakukan ini setelah seminggu. Jadi, pada minggu kedua, lakukan satu set sepuluh kali pengulangan sebanyak tiga kali sehari. Anda bisa melakukannya pada pagi hari, selama jam makan siang, dan sebelum tidur. Lakukan ini sebanyak lima sampai tujuh kali per minggu.
  • Tetapkan tujuan akhir sebanyak 20 kali pengulangan. Pada akhirnya, Anda akan melakukan satu set 20 kali pengulangan sebanyak tiga sampai empat kali sehari, artinya 60 sampai 80 latihan individu per hari. Lakukan ini dengan menambahkan lima kali pengulangan dan satu set setiap minggu sampai mencapai tujuan akhir.

Cobalah lakukan sepertiga sambil berbaring, sepertiga sambil duduk, dan sepertiga sambil berdiri. Butuh enam minggu atau lebih untuk memperkuat otot dasar pelvis Anda dan memetik manfaatnya untuk mengatasi keluhan ejakulasi dini Anda.

  • Tips dan Trik
  • Tahan air seni saat Anda sedang buang air kecil. Saat Anda sedang buang air kecil, tahan sebentar dan lepaskan lagi. Namun, metode ini hanya boleh digunakan untuk mencari otot dasar pelvis. Anda tidak dianjurkan terlalu sering menahan dan melepaskan air seni karena bisa mengakibatkan infeksi saluran air kencing.
  • Kerutkan otot anus Anda. Kencangkan otot anus yang Anda biasa gunakan untuk menahan buang angin, atau untuk menahan air besar. Otot yang berperan dalam hal ini adalah otot dasar pelvis. Untuk melakukan latihan dengan benar, kencangkan dan kendurkan otot anus Anda berulang-ulang.

Anda akan tahu bahwa latihan Anda sudah benar jika merasakan sensasi kenaikan atau penarikan anus Anda.

  • Gunakan cermin untuk memastikan Anda fokus pada otot yang benar. Berdirilah di depan  cermin dan cobalah untuk menaikkan penis secara vertikal tanpa menggunakan otot pantat, perut, dan paha. Gunakan cermin untuk fokus pada otot pelvis dan mendeteksi penggunaan otot-otot lain. Lakukan latihan ini berkali-kali di depan cermin.

Jika melihat diri Anda mengencangkan otot pantat, paha, atau perut, hentikan latihan dan coba lagi.

  • Hubungi dokter. Lakukan langkah ini jika Anda kesulitan melatih otot dasar pelvis. Dokter akan bekerja sama dengan Anda dan memberitahukan teknik melatih otot ini. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan menggunakan teknik yang disebut latihan umpan balik biologis untuk membantu pasien mengisolasi otot dasar pelvis mereka.

Berhasil atau tidaknya senam kegel dalam mengatasi keluhan ejakulasi dini Anda bergantung pada Anda sendiri. Artinya, apabila Anda mampu melakukannya secara rutin dan benar, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami peningkatan durasi saat bercinta. Namun, bila tak kunjung reda, tidak ada salahnya periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada diri Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>