Cara Mudah Melakukan Manuver Epley di Rumah

Manuver Epley adalah salah satu teknik pengobatan gejala vertigo atau benign paroxysmal positional vertigo (BPPV). Penyebab BPPV sendiri adalah adanya masalah pada bagian dalam telinga Anda, yaitu adanya saluran setengah lingkaran di dalam telinga.

Utricle adalah bagian di dekat telinga yang mengandung kristal kalsium (canalith) untuk membantu mendeteksi gerakan. Oleh karena suatu hal, kadang-kadang kristal ini bisa terlepas dari utricle dan berakhir di dalam kanal berbentuk setengah lingkaran.

Saat kristal-kristal tersebut bergerak di dalam kanal, mereka mungkin juga mengirimkan sinyal yang salah ke otak tentang posisi Anda. Inilah yang membuat Anda merasa dunia seperti berputar-putar saat mengalami gejala vertigo.

Mengenal manuver Epley

Manuver Epley pertama kali dirancang oleh Dr. John Epley. Tujuan utamanya adalah untuk mengeluarkan kristal kanalit dari kanal berbentuk setengah lingkaran. Rangkaian gerakan yang disusun akan membantu kristal-kristal tersebut kembali ke tempatnya, yaitu utricle. Alhasil, Anda tidak lagi mengalami gejala vertigo. Gerakan manuver Epley sendiri dapat dilakukan di fasilitas kesehatan ataupun melakukannya sendiri di rumah.

Pentingnya melakukan manuver Epley

Jika Anda kerap kali mengalami gejala BPPV, maka mungkin Anda perlu mencoba melakukan gerakan manuver Epley di rumah. Hal ini karena gejala vertig bisa muncul dengan gerakan kepala tertentu yang berlangsung hingga satu menit. Bahkan, Anda mungkin juga mengalami mual dan muntah.

Di sisi lain, munculnya gejala vertigo bisa mendadak tanpa adanya penyebab. Jika ada, mungkin disebabkan oleh cedera kepala atau adanya masalah setelah menjalani operasi telinga. Manuver Epley yang dilakukan di rumah juga lebih aman sekaligus murah.

Persiapan dan cara melakukan manuver Epley

Sebelum melakukan manuver Epley di rumah, ambil posisi duduk di atas tempat tidur. Jangan  lupa, sediakan bantal di atas tempat tidur, sehingga saat berbaring ada bantal untuk menyangga kepala dan bahu Anda. Lalu, ikutilah langkah-langkah berikut.

Jika yang bermasalah pada telinga kanan, maka:

  • Atur posisi duduk senyaman mungkin di tempat tidur.
  • Putarlah kepala Anda 45 derajat ke kanan.
  • Lalu, segeralah berbaring dengan posisi kepala masih miring 45 derajat. Bahu dan kepala Anda kini harus berada di atas bantal dan tahan posisi hingga 30 detik.
  • Kemudian, putar kepala Anda 90 derajat ke arah kiri tanpa diangkat. Kini, posisi kepala Anda berada 45 derajat ke arah kiri dan tahan hingga 30 detik lagi.
  • Putar tubuh Anda mengikuti posisi kepala Anda saat ini dan tahan sekitar 30 detik lagi.
  • Terakhir, kembali ke posisi duduk.

Jika telinga kiri Anda yang bermasalah, maka:

  • Atur posisi duduk senyaman mungkin di tempat tidur.
  • Putarlah kepala Anda 45 derajat ke arah kiri.
  • Lalu, segeralah berbaring dengan posisi kepala masih miring 45 derajat. Bahu dan kepala Anda kini harus berada di atas bantal dan tahan posisi hingga 30 detik.
  • Kemudian, putar kepala Anda 90 derajat ke arah kanan tanpa diangkat. Kini, posisi kepala Anda berada 45 derajat ke arah kanan dan tahan hingga 30 detik lagi.
  • Putar tubuh Anda mengikuti posisi kepala Anda saat ini dan tahan sekitar 30 detik lagi.
  • Terakhir, kembali ke posisi duduk.

Sangat mudah, bukan? Jika Anda masih merasa pusing setelah melakukan manuver Epley di rumah, maka segeralah temui dokter untuk memastikan bahwa Anda melakukannya dengan benar atau tidak.

Dokter mungkin merekomendasikan perawatan selain manuver Epley, seperti obat-obatan tertentu. Ada kemungkinan, dokter juga mempertimbangkan penyebab lain dari pusing Anda, seperti migrain, anemia, atau infeksi telinga. Pemeriksaan lebih lanjut tentu diperlukan dalam kondisi ini.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>