Apa Saja Manfaat Vitamin A?

Manfaat vitamin A bisa didapat dari bayam dan brokoli

Setiap makanan mengandung berbagai sumber untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Salah satu sumber yang bermanfaat adalah vitamin A. Manfaat vitamin A mampu memenuhi kebutuhan manusia setiap hari.

Vitamin A merupakan salah satu sumber yang ditemukan pertama kali sehingga nama vitamin A muncul berdasarkan abjad.

Jenis Vitamin A

Vitamin A merupakan zat yang larut lemak. Vitamin A dibagi menjadi 2 jenis, antara lain:

1. Preformed vitamin A (retinol)
Jenis vitamin A ini dapat ditemukan dalam produk hewani seperti daging, ikan, dan susu.

2. Provitamin A (karoten)
Jenis vitamin A ini dapat ditemukan dalam nabati berupa sayuran dan buah-buahan.

Manfaat Vitamin A
Banyak makanan yang mengandung vitamin A. Anda bisa mengkonsumsi segala bentuk makanan yang mengandung vitamin A karena manfaat vitamin A adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
    Salah satu manfaat yang berguna dari vitamin A adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin A berperan dalam meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi bakteri. Jika sel darah putih menurun, bakteri dapat menyerang tubuh dan mengakibatkan sistem imun lemah sehingga manusia rentan terhadap penyakit.
  • Menjaga kesehatan mata
    Manfaat vitamin A yang lain adalah mampu menjaga kesehatan mata manusia. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel karena secara ilmiah mampu menjaga kondisi mata.

    Jika manusia kekurangan vitamin A, mereka akan mengalami rabun senja. Orang yang mengalami rabun senja tetap bisa melihat dengan normal pada siang hari, namun merasa kesulitan untuk melihat kegelapan pada malam hari.
  • Mencegah jerawat
    Hal lain yang dapat dilakukan vitamin A adalah mencegah terjadinya jerawat pada kulit. Salah satu penyebab jerawat muncul adalah karena kekurangan vitamin A. Jerawat biasanya terjadi pada bagian wajah, dada, dan punggung.
  • Menjaga kesehatan tulang
    Vitamin A sebenarnya penting untuk dikonsumsi karena mampu menjaga kesehatan tulang. Asupan vitamin A jauh lebih kuat dibandingkan dengan vitamin D. Tidak hanya itu, vitamin A juga memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang stabil pada tulang.
  • Menjaga sistem reproduksi
    Vitamin A juga dapat digunakan untuk menjaga sistem reproduksi baik bagi pria maupun wanita. Jika pria kekurangan vitamin A, perkembangan sel sperma akan terhambat sehingga terjadi kemandulan. Jika wanita kekurangan vitamin A, kualitas sel telur akan menurun.
  • Mengurangi risiko kanker
    Manfaat lain yang penting dari vitamin A adalah mampu mengurangi risiko kanker. Menurut World Health Organization (WHO), manusia yang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten dapat menurunkan risiko kanker serviks dan kanker paru-paru.
  • Menjaga kehamilan
    Vitamin A juga sangat penting untuk dikonsumsi oleh wanita hamil karena vitamin A dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan organ bayi. Wanita hamil juga perlu konsumsi vitamin A berdasarkan asupan yang sesuai. Jika mereka mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan, maka akan mengakibatkan bayi cacat lahir.
  • Mencegah risiko terkena campak
    Manfaat lain yang diperoleh vitamin A adalah mencegah risiko terkena campak. Manusia dapat mengkonsumsi vitamin A dalam bentuk suplemen untuk mengurangi risiko campak yang mengakibatkan kematian.

Ketentuan Vitamin A

Manfaat vitamin A beragam, namun Anda perlu pahami bahwa penggunaan vitamin A berdasarkan usia dan kebutuhannya. Berikut adalah ketentuan penggunaan vitamin A:

  • Untuk anak-anak di bawah 14 tahun, penggunaan vitamin A tidak lebih dari 700 mikrogram.
  • Untuk remaja yang berusia lebih dari 14 tahun, penggunaan vitamin A berkisar antara 700 hingga 900 mikrogram.
  • Untuk wanita hamil, penggunaan vitamin A adalah antara 1.200 sampai 1.300 mikrogram.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>