6 Manfaat Buah Bidara Bagi Kesehatan, Sudah Tau?

Bidara merupakan tanaman yang cukup banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman yang dikenal sebagai Chinese apple atau Indian plum ini tumbuhan asli Asia. Tidak hanya daun, namun buah bidara juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

buah bidara
buah bidara

Tanaman bidara mengandung alkaloid, fenol, flavanoid, serta terpenoid yang terkenal bermanfaat sebagai pengobatan. Tanaman jenis semak dengan pohon berduri ini bisa memiliki tinggi pohon 3-12 meter.

Tanaman yang sudah tergolong langka, padahal bagian-bagian dari tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Biasanya bagian yang sering dimanfaatkan masyarakat adalah daun dan buahnya. Daunnya mengandung senyawa glikosida dan serat yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka serta menurunkan kolesterol.

Selain khasiat daunnya, buah bidara juga memiliki manfaat yang sudah terbukti. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya di sini.

Kandungan yang Terdapat dalam Buah Bidara

Buah bidara atau disebut juga jujube termasuk superfruit karena kaya sekali akan manfaat. Ukurannya sebesar telapak tangan orang dewasa,  berbentuk bulat, berwarna hijau saat masih muda, kemerahan ketika sudah matang, seperti tomat. Rasanya? Jangan ditanya lagi. Daging bahnya terasa sangat manis saat sudah matang.

Sebelum membahas mengenai manfaat yang melimpah dari buah bidara, ada baiknya untuk mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya.

Jadi, dalam buah bidara, terdapat kandungan nutrisi, yaitu vitamin C, air, lemak, protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, forfor, abu, serta gula. Ada juga pektin dan fluoride, diperkaya dengan tiamin, karoten, riboflavin, niasin, serta asam nstrat, masing-masing dalam jumlah yang sedikit.

Khasiat Buah Bidara bagi Kesehatan

Dalam buah bidara sudah disebutkan ada begitu banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya?

  1. Menyehatkan Saluran Cerna

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan konstipasi dan diare, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah bidara ini.  Sebab, salah satu manfaatnya adalah mampu menyehatkan saluran cerna. Selain itu, buah bidara juga mampu memperbaiki nafsu makan sehingga membuat proses pencernaan jadi lebih sehat dan mampu menjadi makanan penambah berat badan.

  • Memenuhi Kebutuhan Vitamin C bagi Tubuh

Rata-rata tubuh manusia sehat setidaknya membutuhkan 60-96 mg vitamin C sehari, maksimalnya 2000 mg. Vitamin C yang cukup dalam tubuh mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga mampu menghindari tubuh dari penyakit kardiovaskular karena bermanfaat menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga sangat penting bagi ibu hamil dan mencegah penuaan dini.

  • Menyehatkan Saluran Pernapasan

Kandungan saponin, alkaloid, serta triterpenoid dalam buah bidara ini memiliki khasiat untuk menyehatkan saluran pernapasan. Paru-paru yang sehat akan membuat Anda terhindar dari penyakit-penyakit pernapasan seperti bronkitis, faringitis, dan lainnya.

  • Mengandung Antikanker

Ternyata  kandungan dalam Chinese apple ini juga memiliki efek antikanker. Senyawa yang dimaksud adalah alkaloid, triterpenoid, dan saponin. Mungkin melalui penelitian lanjutan dan pengujian lab dari peneliti, senyawa antikanker pada buah bidara ini nantinya bisa menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit kanker.

  • Mengandung Antidiabetes

Selain senyawa antikanker, buah bidara juga memiliki efek antidiabetes. Menurut penelitiannya, dalam tubuh kandungan buah bidara ini akan membantu sel memanfaatkan gula darah. Lalu mencegah dan melindungi agar tidak terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah.

  • Mengatasi Masalah Kecemasan

Jujuba alias buah bidara ini nyatanya dapat memberikan rasa tenang bagi tubuh. Jadi pada penelitian yang pernah dilakukan di tahun 2000, senyawa-senyawa yang dihasilkan dari ekstraksi buah bidara mampu mengatasi gangguan kecemasan.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>