5 Manfaat Yoga Kundalini yang Perlu Anda Ketahui!

5 Manfaat Yoga Kundalini yang Perlu Anda Ketahui!

Kundalini yoga adalah salah satu jenis yoga yang berpusat pada energi dari tulang belakang. Seperti yang kita ketahui, yoga adalah salah satu jenis olahraga yang dapat menyehatkan jasmani serta rohani kita. Terlebih lagi ditengah pandemi seperti ini. Di mana kita harus lebih rileks guna menghindarkan diri dari stres dengan keadaan seperti ini. 

Pasalnya, jenis yoga ini dapat membantu menghilangkan stres. Bahkan bagi beberapa orang mengatakan setelah melakukan gerakan yoga ini dapat meningkatkan gairah dan tujuan hidup mereka. Menarik bukan? Yuk, kita lihat apalagi manfaat dari gerakan yoga kundalini ini. 

Apa sebenarnya yoga kundalini ini?

Sama seperti kelas yoga lainnya, beberapa gerakan seperti dogging dan planking dapat dilakukan. Namun, yang membedakannya adalah fokus pada penggunaan napas untuk memanfaatkan energi pada dalam diri Anda. Melalui meditasi, nyanyian, dan yoga kundalini akan meningkatkan latihan Anda dengan meningkatkan kesadaran diri dan ketenangan. 

Latihan yoga ini menekankan pada intensitas tinggi pada penggunaan napas yang kuat serta lamanya waktu setiap posenya. Dalam kelas yoga kundalini, pose, napas, dan nyanyian dirangkai dalam urutan yang disebut Kriya. 

Manfaat yoga kundalini

Ada ribuan Kriya dalam yoga kundalini, dan setiap posenya dirancang khusus untuk memperkuat sistem yang berbeda dalam tubuh, seperti sistem endokrin atau saraf. Saat berlatih yoga ini maka Anda akan membangun sistem saraf untuk menangani dan mengintegrasikan energi kekuatan hidup yang kuat dan melekat pada tubuh Anda. Dan berikut beberapa manfaat dari gerakan yoga tersebut. 

  1. Meningkatkan vitalitas 

Komponen penting dari yoga ini adalah nyanyian musi yang merupakan inti dari latihan. Hal ini didasarkan pada pengalaman bagaimana getaran suara dapat mengubah pikiran, tubuh dan jiwa. Nyanyian dan musik akan melakukan melalui aliran harmonis yang meningkatkan kadar serotine dan dopamine endorphin “rasa nyaman” di otak. Menariknya, ketika kita mengatur nada melalui penggunaan mantra, napas, dan ritme maka kita dapat menghasilkan efek yang mendalam pada vitalitas Anda. 

  1. Mengontrol dan mengurangi stres

Kundalini yoga dapat memperkuat dan menyeimbangkan sistem saraf pusat Anda. jika sistem saraf Anda lemah maka kemungkinan besar Anda akan merespon reaksi stres yang tidak sehat. Selama kelas yoga dan relaksasi berlangsung, semua ujung saraf di tubuh Anda akan memberikan dorongan energik. 

Anda akan mengalami keadaan relaksasi total yang sangat meremajakan tubuh dan penyembuhan dapat dilakukan. Selain itu, latihan harian ini dapat memberi stamina Anda menjadi lebih ekstra, sehingga Anda dapat menangi stres sehari-hari dengan lebih baik. 

  1. Kreativitas

Bernapas secara bergantian melalui lubang hidung akan menyeimbangkan belahan otak kanan dan kiri. Kita biasanya bertindak, menganalisis, dan melakukan lebih sering daripada yang kita rasakan. Hal tersebut karena sisi kanan otak biasanya tidak distimulasi. Yoga kundalini ini akan membangkitkan kreativitas batin kita dengan melepaskan kekhawatiran kita tentang hal-hal kecil dan membuka pandangan kita pada kemungkinan yang tidak terbatas. 

  1. Sistem saraf

Kundalini yoga ini dapat memperkuat sistem saraf Anda. Jadi saat anda dalam posisi down dog atau plank selama tiga menit penuh dan seluruh tubuh bergetar, jangan panik. Hal ini menandakan sistem saraf Anda sedang kencang. Dan semakin kuat kegugupan itu, semakin Anda mampu bertindak dengan tenang, dan terkumpul dalam menghadapi situasi apapun, baik itu kecelakaan mobil, presentasi besar, atau drama keluarga. 

  1. Energi positif meningkat 

Latihan yoga jenis ini dapat menumbuhkan dan memperluas energi atau aura getaran pada tubuh. Hal ini akan berpengaruh positif pada diri Anda. Aura yang lemah dapat memasukkan energi negatif bahkan menariknya kembali. Padahal, aura yang besar, bersemangat, dan bercahaya dapat melindungi Anda dari hal-hal negatif dan membuat Anda tetap terpusat di jalan menuju hidup yang lebih baik. 

Selain itu, Anda pun dapat mengendalikan pikiran serta emosi Anda. karena yoga ini akan meningkatkan sistem saraf yang akan menyeimbangkan kelenjar hormon Anda. terlebih lagi, dapat melancarkan darah melalui peningkatan kadar oksigen. 

Kesimpulannya, ada banyak manfaat yang luar biasa dari yoga kundalini ini, dan menjadikan investasi yang baik bagi tubuh Anda. Ini merupakan gaya campuran yoga yang komprehensif dan dinamis dari tradisi yoga lain menjadi satu yang menggabungkan latihan pernapasan, latihan yoga, suara, dan meditasi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>